Honda China Rilis HR-V Versi Listrik, Begini Wujudnya

Honda baru-baru ini merilis HR-V versi listrik khusus untuk pasar China.

Jum'at, 23 November 2018 19:15
Honda Everus VE-1 (Keyauto.my)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pasar mobil listrik saat ini tengah tumbuh subur di berbagai negara, salah satunya adalah China. Tak heran jika banyak pabrikan dari luar negeri dan lokal yang mengembangkan dan memasarkan produknya di Tiongkok. Menariknya, pemerintah setempat mengeluarkan peraturan dan insentif, bagi pembuat mobil yang mempercepat elektrifikasi mereka.

Hal ini menyebabkan Cina mendapatkan banyak EV baru, yang tidak ada di tempat lain. Honda, misalnya, memperkenalkan Everus VE-1 di Guangzhou Auto Show 2018. Kilas balik pada April lalu. Sebetulnya Honda meluncurkan konsep crossover elektrik berdasarkan model HR-V. Sekarang, pabrikan Jepang ini bermitra dengan China GAC Group. Mereka kerja bareng untuk merealisasikan versi produksi massal buat pasar Cina.

Mengutip dari Oto.com, versi produksi tetap pakai platform, yang dipastikan sama dengan Honda HR-V. Ia memiliki panjang 4.308 mm, lebar 1.824 mm dan panjang 1.625 mm. Kemudian wheelbase 2.610 mm dan dilengkapi pelek berukuran 17 inci dengan jari-jari yang agak rapat.

Namun, ada adaptasi styling sebagai aksentuasi mobil listrik. Misal lampu depan LED plus sentuhan kelir biru pada bagian bodi. Atap mobil diguyur warna hitam. Body kit dan fascia berubah, yang bisa membuat Anda pangling. Lebih rupawan ketimbang HR-V reguler.

Mobil listrik ini menggunakan baterai berdaya 53,6-kWh. Saat baterai terisi penuh, ia memiliki daya jelajah sekitar 340 km (211 mil) pada siklus uji NEDC. Sementara motor listriknya berkekuatan 120 kW. Menurut pabrikan, tenaganya setara dengan mobil konvensional yang mengembuskan 163 hp dan menghasilkan torsi 280 Nm. Mobil menawarkan tiga mode berkendara yang berbeda, berdasarkan preferensi dan kondisi jalan: Normal, Battery Saver dan Sport.

Sekadar info tambahan, Honda dan GAC menggabungkan investasi 3,27 miliar yuan (sekitar Rp 6,88 triliun) untuk membangun pabrik mobil baru di Cina. Pabrik dikatakan mampu menghasilkan 170.000 unit plug-in hybrid dan mobil listrik saban tahun. Kompak SUV macam GAC Trumpchi GS4 juga akan diproduksi oleh Honda, di fasilitas baru bersama HR-V elektrik.

Produksi diperkirakan dimulai pada akhir tahun. Kelak, seiring peningkatan penjualan, Honda berencana memakai jaringan diler resmi. Tentunya untuk menjual dan memberi pelayanan pada konsumen mobil listrik. Namun dalam waktu dekat, HR-V elektrik dijual di diler Honda yang dioperasikan oleh GAC Cina.

Kabarnya, perusahaan ini juga sedang mengerjakan mobil berbasis listrik yang terjangkau. Bahkan, Honda juga menggandeng salah satu produsen baterai terbesar di China. Rumornya, mobil listrik baru ini akan menjadi produk global.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami