Honda Brio Rebut Gelar Mobil Terlaris di Indonesia dari Toyota Avanza

Honda Brio akhirnya berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia pada 2020 kemarin.

Selasa, 19 Januari 2021 13:45
Honda Brio Rebut Gelar Mobil Terlaris di Indonesia dari Toyota Avanza Honda Brio Satya (Otosia.com/ Cornelius Candra)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Penjualan mobil sepanjang 2020 kemarin memang masih belum sebagus tahun 2019. Meski demikian, ada beberapa kejutan, salah satunya ialah Toyota Avanza yang lengser dari takhta mobil terlaris di Indonesia.

Ya, sepanjang tahun lalu, gelar tersebut dipegang oleh Honda Brio dengan total penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) sebanyak 43.021 unit. Kontribusi terbesar diberikan oleh Honda Brio Satya, 31.713 unit, dan 11.308 unit untuk Honda Brio RS.

 

1 dari 3 Halaman

Honda Brio Satya

Keduanya sekaligus memberi kontribusi hingga 54% dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang 2020, total 79.541 unit. Hingga akhir tahun 2020, Honda Brio Satya pun menjadi mobil LCGC terlaris dengan market share 27,2% dan Honda Brio RS menguasai segmen city car hatchback sebesar 74,7%.

Prestasi ini merupakan pertama kalinya untuk Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada 2012 silam. Selama 8 tahun mengaspal, Honda Brio telah mencatatkan penjualan sebanyak 376.304 unit dan menjadi tulang punggung PT HPM di pasar otomotif Tanah Air.

2 dari 3 Halaman

Honda Brio RS

"Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau," terang Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT HPM melalui keterangan resminya.

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, pun mengucapkan terima kasih kepada jaringan dealer mobil Honda di seluruh Indonesia. Pasalnya, mereka terus menjalin komunikasi dengan konsumen serta menyediakan program. penjualan yang menarik dan memudahkan.

3 dari 3 Halaman

Honda Brio RS

"Namun terutama kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia," papar Yusak Billy.

Sekadar informasi, harga Honda Brio baru saja naik per 1 Januari 2021 kemarin. Honda Brio Satya saat ini dibanderol Rp149-173,5 juta. Sementara itu, Honda Brio RS yang menghuni segmen city car hatchback non-LCGC dilabeli Rp188,5 juta untuk transmisi manual dan varian transmisi otomatis Rp204 juta (OTR Jakarta).

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami