Honda Africa Twin 2020 Dirilis, Lebih Kencang dan Canggih

Akhirnya Honda CRF1100L Africa Twin 2020 dirilis dan mengusung mesin yang lebih besar serta fitur baru.

Selasa, 24 September 2019 11:15
Honda Africa Twin 2020 Dirilis, Lebih Kencang dan Canggih Honda Africa Twin 2020 (Honda)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Setelah beberapa kali menebar teaser, Honda akhirnya resmi merilis Honda Africa Twin 2020. Moge (motor gede) penjelajah itu kini lebih gahar, kencang, dan dibekali segudang fitur canggih.

Secara garis besar sebenarnya tak ada perubahan desain yang terlalu banyak. Namun, penyegaran paling mencolok ada di sektor depan. Kini, Honda Africa Twin dibekali headlamp baru dengan cornering-light di bawahnya.

Di atasnya, masih terpasang windshield tinggi. Sedangkan pada Honda Africa Twin 2020 standar, komponen tersebut dibuat lebih pendek dibanding model sebelumnya. Perbedaan lain yang tampak ialah sasisnya.

Honda Africa Twin 2020 menggunakan semi-double-cradle frame yang lebih ringan 1,8 kg dari model sebelumnya. Sedangkan bagian subframe dibuat knocked-down agar lebih mudah diperbaiki saat terjadi kerusakan.

 

 

1 dari 2 Halaman

Lebih Canggih

Lebih Canggih

Mengutip dari Motorcycle.com, Honda Africa Twin 2020 juga lebih canggih dibanding model sebelumnya. Itu tak terlepas dari penggunaan head-unit TFT touchscreen.

Menariknya, layar tersebut dapat terhubung ke smartphone melalui Apple CarPlay. Sedangkan speedometer dan indikator lain dibuat terpisah di bawahnya. Tampilannya pun sederhana dan berukuran kecil.

Di sektor kaki-kaki, Honda Africa Twin dibekali suspensi Electronically Equipped Ride Adjustment (EERA) keluaran Showa. Fungsinya ialah mengatur tingkat redaman suspensi saat berjalan.

Terdapat 5 setelan EERA, yakni Hard, Mid, Soft, Off-Road, dan User. Ketinggian windhield dan joknya pun dapat diubah sesuai dengan keinginan pengendara.

2 dari 2 Halaman

Lebih Kencang

Lebih Kencang

Seperti sempat dikabarkan sebelumnya, nama Honda CRF1000L Africa Twin telah berubah menjadi Honda CRF1100L Africa Twin. Artinya, moge petualang ini sekarang mengusung mesin yang lebih besar.

Honda Africa Twin 2020 mengusung mesin 2-silinder SOHC 1.084cc liquid-cooled. Dapur pacu tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 101 hp dengan torsi maksimum 105 Nm.

Jantung penggerak ini ditawarkan dalam 2 sistem transmisi, yakni manual 6-percepatan dan otomatis DCT 6-percepatan. Keduanya tersedia pada Honda Africa Twin tipe standar dan Adventure Sports ES.

Di Amerika, Honda Africa Twin standar dibanderol mulai USD14.399, setara Rp203 jutaan. Sedangkan tipe Adventure Sports ES dijual dengan harga USD17.199, sekitar Rp242 jutaan (Kurs USD1 = Rp14.085).

(kpl/crn)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami