Honda ADV 150 Pakai Shock Bertabung, Apa Keistimewaannya?

Shockbreaker Showa yang dipasangkan pada ADV 150 bukan sekadar pemanis, namun juga mempunyai fungsi khusus.

Kamis, 22 Agustus 2019 21:15
Honda ADV 150 Pakai Shock Bertabung, Apa Keistimewaannya? Honda ADV 150 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Beberapa waktu lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan skutik ADV 150. Hadir dalam dua varian, yakni ABS - ISS dan CBS-ISS dengan total 6 varian warna yang futuristic, serta Advance Red dan Advance White untuk tipe ABS.

Sementara itu tipe CBS-ISS dipasarkan empat pilihan warna, yakni Tough Matte Brown, Tough Silver, Tough Matte Black, dan Tough Red.

Yang cukup menarik adalah penggunaan tabung pada shockbreaker ganda di belakang. Shockbreaker Showa ini dipasangkan pada ADV 150 bukan sekadar pemanis, namun ia punya fungsi menjaga kestabilan berkendara.

Menurut Wariyanto, Instruktur Technical Service Function PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang, peredam kejut ADV 150 bertipe twin subtank rear suspension, atau istilahnya shock ganda dengan tambahan tabung. Istilah lainnya rubber bladder separator.

"Dengan memakai shock model ini, maka kinerja suspensi menjadi lebih responsif dan stabil, terutama saat cornering atau gravel riding dibandingkan model biasa yang tanpa tabung," kata Wariyanto.

1 dari 2 Halaman

Mengapa lebih stabil?

imageMengapa lebih stabil?

Mengapa lebih stabil? Penjelasannya, sub tank rear cuschion punya tabung yang mengatur oli dan udara, sehingga saat ada tekanan, atau kompresi maka oli teralirkan ke tabung udara, saat ekspansi atau tidak ada tekanan maka oli akan kembali ke sub tank.

Sementara pada model peredam kejut biasa (single tube emulsion) akan terjadi campuran oli dan udara sehingga akan berpengaruh pada kestabilan. “Daya redamnya akan berbeda, termasuk ekspansinya juga berbeda dengan yang model ruber bladder separator,” jelasnya

Dipaparkan, ruber bladder separator fungsinya memisahkan antara udara dan oli. Jadi antara oli dan udara tidak tercampur. “Jadi dia ada semacam kondom tersendiri untuk udaranya. Nanti rubber bladder separator akan bekerja pada waktu ekspansi dan pada waktu kompresi atau tekanan,” jelasnya.

2 dari 2 Halaman

Spesifikasi Kaki-kaki

imageSpesifikasi Kaki-kaki

Dengan demikian pemasangan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan mumpuni pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan.

Suspensi tersebut berpadu dengan penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang).

Honda ADV 150 memiliki jarak terendah dengan tanah setinggi 165 mm, serta penyematan wavy disc brake sebesar 240 mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang.

Honda ADV 150 hadir dalam dua varian, yakni ADV 150 ABS yang dibanderol Rp36,5 juta dan Honda ADV CBS yang dijual Rp33,5 juta on the road DKI Jakarta.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami