Hitler dan Volkswagen Ternyata Punya 'Hubungan Darah'?

Apa yang 'diberikan' Adolf Hitler kepada Volkswagen? Apakah perannya besar? Mari disimak ulasan singkatnya!

Kamis, 08 Juni 2017 14:15
Adolf Hitler (foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Volkswagen pada tahun-tahun belakangan di era industri otomotif global nan modern sukses menjadi salah satu provider otomotif paling sukses. Bagaimana tidak, VW memiliki jangkauan tangan hingga ke mampu mengakuisisi banyak pabrik otomotif dunia lainnya seperti Volkswagen, Audi, Bentley, Bugatti, Škoda Auto, Lamborghini, dan SEAT.

Setidaknya pabrikan asal Jerman ini sudah terbukti mampu bersaing dengan raksasa lain seperti Honda dan Ford. Dan karena originalitasnya yang berasal dari Jerman dan lahir sudah sejak 70 tahun lalu, seringkali dikait-kaitkan VW dengan sosok Adolf Hitler.

Hitler yang merupakan penguasa di jaman kejayaan Nazi tersebut dikabarkan punya andil atas berdirinya Volkswagen dan eksistensi beberapa produk Volkswagen. Bagaimana peran Hitler? Menurut beberapa sumber, bahkan disebutkan bahwa berdirinya Volkswagen juga berkat dorongan Hitler.

Cukup mengejutkan karena ternyata salah satu ide yang membuat Volkswagen lahir adalah saat Adolf Hitler meminta supaya perusahaan berdiri kepada seorang yang bernama Ferdinand Porsche, tak lain dan tak bukan merupakan pendiri perusahaan mobil mewah Porsche.

Volkswagen merupakan satu translasi yang jika diterjemahkan bisa berarti 'Kendaraan/Mobil orang Jerman'. Tak cuma mencetuskan idenya kepada Ferdinand Porsche, ternyata Adolf Hitler juga menyumbang 'DNA' kepada hadirnya Volkswagen Beetle.

Bisa dibilang, Beetle merupakan produk pertama yang Adolf Hitler sendiri desain dan kemudian diserahkan kepada Daimler-Benz. Sosok yang juga berjasa atas hadirnya Mercedes Benz di Stuttgart. Tapi sketsa yang didesain oleh Hitler sendiri kabarnya langsung diberikan kepada Ferdinand Porsche pasca dibawa oleh Daimler Benz.

So, produk-produk Volkswagen utamanya Beetle yang semakin modern hari ini, bisa dibilang mendapatkan sumbangsih besar dari 'ayah tiri' mereka, yakni Adolf Hitler.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami