Helm Indonesia Tak Boleh Dipakai di MotoGP, Kok Bisa?

Sepasang pabrikan helm Indonesia, KYT dan NHK tak lolos uji ketahanan MotoGP.

Jum'at, 21 Juni 2019 14:15
Helm Indonesia Tak Boleh Dipakai di MotoGP, Kok Bisa? Helm KYT Aleix Espargaro 2019 (motorsportchannel.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Pada MotoGP Catalunya 2019 lalu, Andrea Dovizioso, Francesco Bagnaia, Aleix Espargaro, dan Karel Abraham ternyata tidak menggunakan helm sponsor mereka, mulai hari pertama hingga race (14-16/9).

Dovi dan Pecco Bagnaia selama ini disponsori oleh helm Suomy, anak perusahaan KYT. Sedangkan Espargaro adalah pemakai KYT dan Karel Abraham menggunakan merek NHK.

Andrea Dovizioso

Mengutip dari Motorcyclenews.com, hal ini disebabkan oleh standar homologasi baru yang diterapkan FIM (Federation Internationale Motocyclisme).

Sebenarnya aturan ini telah disahkan pada awal musim 2019. Namun, ada beberapa hal yang mengakibatkan penundaan sehingga baru dilaksanakan pekan lalu pada MotoGP Catalunya 2019.

 

1 dari 1 Halaman

FIM memberi aturan bahwa semua tim MotoGP harus menyerahkan 10 helm dengan ukuran berbeda yang digunakan oleh pembalap mereka. Tujuannya tentu adalah pengujian kelayakan di laboratorium benturan Universitas Zaragoza, Spanyol.

Tes ini terdiri dari berbagai macam pengujian, mulai secara linier, miring, hingga tekanan secara terus-menerus guna memastikan keselamatan dan kemanan yang terbaik. Helm yang lolos uji akan mendapat QR code khusus.

Francesco

Sayangnya, 2 helm asal Indonesia, KYT dan NHK, dinyatakan tidak lolos pengujian tersebut dan harus mengurus beragam akreditasi serta dokumen terkait helm-helm mereka.

Dengan demikian, pada gelaran MotoGP Catalunya 2019 lalu, keempat pembalap tersebut menggunakan helm lain yang lolos uji dan mereknya ditimpa dengan logo sponsoir mereka masing-masing.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami