Helm Balap dan Harian, Ini Bedanya

Simak perbedaan antara helm balap dengan helm harian.

Selasa, 20 Agustus 2019 20:15
Helm Balap dan Harian, Ini Bedanya Helm harian (womenridersnow.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Dengan pentingnya fungsi helm sebagai pelindung kepala pengendara roda dua, jangan pernah menggunakan helm dengan sembarangan, terlebih yang memiliki kualitas di bawah standar. Helm sendiri, terdapat berbagai jenis, mulai dari half face dan juga full face.

Begitu juga dengan peruntukannya, yaitu ada helm untuk harian atau perjalanan dekat dan jauh, serta helm yang dikhususnya untuk balapan di sirkuit.

Dijelaskan Arief Rakhmat Budiman selaku Sales & Distribution Mgr Prime Gears PT Putra Prima Glosia dalam Liputan6.com, perbedaan helm harian dengan helm balap, lebih kepada ventilasi udaranya, kekuatan materialnya, dan juga kenyamanan di dalamnya.

1 dari 1 Halaman

Sisi Aerodinamika

Sisi Aerodinamika

"Sebenarnya, kalau untuk helm balap digunakan harian pun sebenarnya tidak ada masalah juga, tergantung pemakaiannya. Biasanya, selera agar lebih bergaya," jelas Arief di sela-sela kegiatan Touring Kemerdekaan yang diselenggarakan Journalist Max Community (JMC), di Tenjolaya Park, bogor, Jawa Barat.

Pria yang karib disapa RB itu menyebut, helm balap diperuntukan untuk kecepatan tinggi. Jadi, saat digunakan helm ini memang tidak boleh goyang, dan dibuat sangat aerodinamis.

"Helm balap memang harus benar-benar pas di kepala, dan helm seperti itu jika digunakan untuk pemakaian harian tidak akan nyaman, dan malah tidak akan aman. Jadi, kalau memang ingin balap, ya sebaikanya beli helm balap, begitu juga dengan helm harian," tegasnya.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami