Hasil Uji Tabrak Suzuki Wagon R, Cuma 2-Bintang

Selain Suzuki Ertiga terbaru yang hanya mendapatkan rating 3-bintang, Maruti Suzuki Wagon R terbaru juga hanya mendapatkan rating 2-bintang dalam tes tabrak Global NCAP.

Sabtu, 02 November 2019 15:15
Hasil Uji Tabrak Suzuki Wagon R, Cuma 2-Bintang Uji tabrak Maruti Suzuki Wagon R (Global NCAP)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Suzuki Wagon R paling baru diuji tabrak oleh Global NCAP. Hasilnya cukup mengecewakan, karena Wagon R hanya mendapatkan rating 2-bintang, baik untuk kategori perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak.

Melansir MotorBeam, Suzuki Wagon R diuji tabrak pada kecepatan 64 km/jam dan kekuatan bodinya dinyatakan tidak stabil.

Menurut Global NCAP, perlindungan untuk kepala pengemudi dan penumpang bagus. Sedangkan perlindungan pada bagian leher pengemudi dan penumpang, cukup. Sementara perlindungan pada bagian dada pengemudi dan penumpang, lemah.

Proteksi pada bagian lutut pengemudi dan penumpang dinyatakan marjinal. Pasanya, struktur di belakang dasbor yang dudukung oleh tabung transfacia dinilai berbahaya. Bodyshell dinilai tidak stabil dan tidak mampu menahan muatan.

 

1 dari 2 Halaman

Proteksi Penumpang Anak

Area footwell Wagon R juga dinilai tidak stabil. Kursi untuk anak 3 tahun menghadap ke depan, dengan sabuk pengaman orang dewasa tidak bisa mencegah gerakan maju yang berlebihan selama benturan. Sehingga kepala sampai bisa bersentuhan dengan kursi depan.

Child Restraint System (CRS) untuk berusia 3 tahun juga gagal sema tes tabrak Global NCAP. CRS untuk usia 18 bulan yang dipasang dengan sabuk pengaman orang dewasa dan menghadap ke belakang menunjukkan perlindungan yang baik untuk kepala dan rentan untuk dada.

Maruti Suzuki Wagon R tidak dibekali dengan sabuk pengaman 3-poin dan ISOFIX. Tidak adanya fitur ini menjadi alasan mengapa Wagon R hanya mendapatkan rating 2-bintang.

 

2 dari 2 Halaman

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami