Harga Vespa dan Lambretta Kemahalan, Ini Deretan Skutik Retro Ramah Kantong

Jika ingin punya skuter matik bertampang retro, tak melulu berkutat pada Vespa atau Lambretta. Ada merek lain yang bisa jadi pilihan, terlebih jika budget tak terlalu besar.

Senin, 10 Juni 2019 21:00
Harga Vespa dan Lambretta Kemahalan, Ini Deretan Skutik Retro Ramah Kantong Lambretta 200 V Special (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Tampilan skuter matik retro memang memikat hati. Seperti Vespa atau Lambretta. Tapi harganya, harus merogoh kantong cukup dalam.

Minimal ada dana Rp 40 jutaan untuk bisa membawa pulang salah satunya. Kalau Otolovers hanya punya budget sepertiga atau setengahnya, sebenarnya masih bisa punya skutik retro lho.

Hanya saja, bukan Vespa ataupun Lambretta. Lalu apa? Berikut daftarnya:

1 dari 3 Halaman

Yamaha Fino

Yamaha Fino

Alternatif pertama adalah Yamaha Fino. Tampangnya retro-modern, dengan jauh lebih ramah kantong ketimbang Vespa dan Lambretta. Skutik ini dilego Rp 18,05 jutaan (OTR Jakarta).

Motor matik retro milik Yamaha ini dibekali ban 80/80 di depan dan 100/70 di belakang dengan diameter 14 inci. Fiturnya biasa saja, bukan digital tapi berbentuk unik.

Speedometer berbentuk bulat dengan jarum jam mekanik berbalut batok besi. Fuel gaugenya terpisah di sisi kiri stang dengan bracket sendiri. Sayangnya, informasinya tak lengkap.

Hanya sekadar sensor fundamental plus eco indikator untuk memberikan informasi gaya berkendara yang efisien. Nilai plusnya, tangki bahan bakarnya yang sanggup menampung hingaa 8,7 liter bensin.

Motor ini digerakkan oleh mesin 125cc SOHC dengan tenaga 9,52 PS dan torsi 9.6 Nm yang ditransfer melalui CVT ke roda belakang.

2 dari 3 Halaman

Honda Scoopy

Honda Scoopy

Meski bergaya retro, desain Honda Scoopy masih terlihat modern. Harganya hanya Rp 18,525 jutaan (OTR Jakarta). Tahun 2018 Honda Scoopy kemudian sedikit berubah, menjadi semakin enak dilihat.

Ubahan Honda Scoopy terlihat di sana-sini. Paling kentara adalah headlamp, stoplamp, dan garis bodi baru. Ubahan lainnya adalah diameter ban mengecil, jadi 12 inci ala-ala Eropa. Tapi lebar tapaknya bertambah, 100/90 untuk depan dan 110/90 untuk belakang. Ubahan ini jadi bikin Scoopy terlihat gambot.

Ground clearance-nya ikut bertambah menjadi 143mm. Sedangkan bobotnya masih sama, sekitar 99 kg. Teknologi pencahayaannya ikut berubah, sudah pakai LED.

Fiturnya sudah memakai kombinasi digital dan analog, yang menyajikan speedometer, fuel gauge, odometer, dan sensor penting. Menariknya, ada kunci dengan remote alarm dan answer back.

Hanya saja, soal jantung pacunya kurang greget. Mesin satu silinder SOHC 108,2cc tak memberikan tenaga yang impresif. Mesin itu menghasilkan tenaga 9,1 PS dan torsi 9.4 Nm.

Tangki bensinnya juga kecil, hanya bisa menampung 4 liter. Tapi soal efisiensinya, unggulan. Konsumsi bahan bakar Honda Scoopy bisa mencapai 61.9 kilometer per liter.

3 dari 3 Halaman

Kymco Like 150i

Kymco Like 150i

Bukan Vespa atau Lambretta, tapi punya guratan skutik retro khas Italia, jawabannya Kymco Like 150i. Motor matik yang baru dirilis pada IIMS 2019 itu punya banyak fitur menarik. Harganya bahkan tak ada sepertiganya, sekitar Rp 28,8 juta (OTR Jakarta).

Tampang khas Vespa terasa mulai shield depan, spatbor, hingga tepong yang membulat sampai ke buritan. Begitu juga dengan tata letak lampu di depan, DRL-nya menyatu dengan sein di shield. Headlamp dibungkus dengan batok platik yang menyambung, dan menutupi sebagian stang.

Desain lampu utamanya lebih mirip dengan Piaggio Liberty, berbentuk segitiga terbalik. Sedangkan di belakang, stoplamp Like 150i punya karakter sendiri. Pencahayaannya juga sudah pakai LED semua.

Fitur Kymco Like 150i adalah nilai plusnya. Layar instrumen sudah digital yang menampilkan beragam informasi lengkap. Sebut saja speedometer, fuel gauge, odometer, volt meter, indikator ABS, indikator suhu mesin, dan peringatan service.

Ada juga navigasi, konektivitas smartphone, hingga kondisi cuaca juga ditampilkan. Teknologi untuk melacak Kymco juga ada. Deretan teknologi itu disebut Noodoe.

Soal tenaga, Kymco Like 150i punya daya hingga 13.5 PS dan torsi 10.2 Nm dari mesin berkapasitas 149,8cc SOHC 4-valve. Mesin itu dibekali pendingin cairan dan transmisi CVT.

Sumber: OTO.com

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami