Harga Paket Baterai Kendaraan Listrik Turun Drastis, Pertama Kali Dalam Sejarah

Harga paket baterai kendaraan listrik turun drastis dalam sedekade terakhir.

Rabu, 23 Desember 2020 11:15
Harga Paket Baterai Kendaraan Listrik Turun Drastis, Pertama Kali Dalam Sejarah Ilustrasi mobil listrik (GaadiWaadi)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Beberapa tahun terakhir berbagai pabrikan mulai serius bermain di pasar kendaraan listrik. Dengan semakin banyaknya pengguna motor atau mobil listrik di dunia, siapa sangka harga paket baterai Lithium-Ion turun drastis dalam sedekade terakhir.

Melansir GaadiWaadi, di tahun 2010 lalu harga paket baterai Lithium-Ion mencapai USD1.100. Namun di tahun ini menjadi USD137. Namun diprediksi dalam tiga tahun terakhir harganya akan menyentuh USD100/kWh.

1 dari 2 Halaman

Berdasarkan survei yang dilakukan Bloomberg, bus listrik dan kendaraan listrik berpenumpang lainnya untuk rata-rata harga paket baterainya menjadi USD101/kWh pada tahun 2023 mendatang.

Ada berbagai alasan kenapa penurunan harga baterai kendaraan listrik begitu drastis, seperti pesanan kendaraan listrik yang membludak, penggunaan di berbagai sektor, kemajuan desain, ukuran, dan lain sebagainya. Namun ada alasan utama lainnya yang dikemukakan BlommbergNEF, yakni berkurangnya biaya produksi karena berbagai macam faktor tadi dan bahan kimia katoda.

2 dari 2 Halaman

Menurut sebuah survei, harga bahan katoda benar-benar stabil di tahun ini meskipun puncaknya terjadi pada tahun 2018 lalu. Hal itu menjadi pencapaian bersejarah, apalagi di tengah perkiraan harga bahan mentah yang melambung tinggi dua tahun lalu.

Selain itu, pembuat baterai sendiri telah melakukan investasi dalam produksi katoda. Fasilitas produksinya pun telah beroperasi 85 persen. Sehingga memiliki tingkat pemanfaatan yang tinggi dan mampu menurunkan biaya sel dan paket baterai.

Survei tersebut menyebutkan bahwa harga paket kendaraan listrik akan mencapai USD101/kWh pada tahun 2023. Selanjutnya, akan turun menjadi USD56/kWh pada tahun 2030.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami