Harga Bekas dan Keunggulan Daihatsu Xenia, Mobil Favorit Keluarga

Siapa yang tak familiar dengan Xenia? Mobil keluaran Daihatsu itu memang sudah popular di kalangan semua level masyarakat Indonesia.

Senin, 22 Oktober 2018 21:45
Daihatsu Great Xenia (Daihatsu Indonesia)
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Siapa yang tak familiar dengan Xenia? Mobil keluaran Daihatsu itu memang sudah popular di kalangan semua level masyarakat Indonesia.

Bahkan MPV 7-penumpang ini pernah dijuluki mobil sejuta umat, bersama dengan saudara beda merek, Toyota Avanza. Tak hanya versi gresnya yang banyak diburu, versi bekasnya pun jadi rebutan saking larisnya mobil ini.

Kepopularan Xenia bisa jadi karena daya tampung dan harganya yang cukup ramah kantong. Maka dari itu, mobil bekas Xenia pun masih belum sepi peminat.

Sejak dikenalkan pada 2003 silam, Daihatsu Xenia ini pun menjadi mobil favorit keluarga. Generasi pertama Xenia hadir di Indonesia dengan 3 tipe utama, Mi, Li, dan Xi.

Tipe Mi dan Li menggunakan mesin 1.0L, sedangkan Xi menggunakan mesin 1.3L. Tipe Mi dan Li dibedakan dengan keberadaan power steering pada tipe Li. Sedangkan tipe Mi sebagai tipe terendah tak dibekali power steering.

Tipe Mi juga masih menggunakan velg besi yang tak memiliki penutup dop/tutup roda seperti tipe Li. Transmisi otomatis hanya dimiliki varian tertinggi Xi, yang disebut sebagai Xenia matic.

Lalu, pada Xenia generasi kedua, mobil ini mendapatkan tambahan pilihan tipe. Ada 1,0D (1000cc standar), 1.0M (1000cc spek tinggi), 1.3X (1300cc standar), dan 1.3R (1300cc spek tertinggi) dan dibekali transmisi otomatis.

Daihatsu Xenia (Daihatsu Indonesia)

Generasi kedua ini juga dibekali AC blower ganda yang sudah diusung Toyota Avanza sejak generasi pertama.

Di Indonesia, Xenia terbaru hadir dalam enam varian, yaitu varian D, M, X manual, X otomatis, R manual dan R otomatis. Dimana pada generasi terbarunya, mobil ini telah disematkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan selain transmisi manual 5 percepatan. Namun opsi tersebut hanya berlaku pada varian X dan R saja.

Xenia baru telah dilengkapi dengan berbagai fitur baru, antara lain yaitu Dual Airbags sebagai standar keselamatan utama, keyless entry, immobilizer, sensor di ujung sudut depan kiri dan kanannya, dan sensor parkir mundur. Selain itu, mobil Xenia terbaru ini juga telah dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS dan EBD.

Dibagian mesin, Xenia menawarkan dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.0 liter dan 1.3 liter. Untuk mesin 1.0 L mempunyai daya sebesar 63 PS pada kecepatan 5.600 rpm dengan torsi maksimal yang dapat dihasilkan sebesar 90 Nm pada kecepatan 3.600 rpm. Sedangkan untuk mesin 1.3L telah disematkan teknologi mesin Dual VVT-i sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 PS pada kecepatan 6.000 rpm dengan torsi puncak yang mampu dihasilkan sebesar 121 Nm pada kecepatan 4.200 rpm.

Dengan memadukan antara mesin 1.3L yang dialirkan melalui transmisi manual atau otomatis serta teknologi mesin Dual VVT-i, membuat konsumsi bahan bakar mobil ini sangat irit bahkan hanya mencapai 13,2 km/liter. Dengan keunggulan ini nggak heran, jika Xenia menjadi favorit banyak orang. Apalagi harga mobil bekas ini cukup terjangkau.

Lalu harganya?

Harga bekas Xenia sejak generasi pertama hingga saat ini terbilang cukup stabil. Namun demikian, prinsip teliti sebelum membeli pun harus tetap dianut. Terlebih saat membeli mobil bekas.

Xenia generasi pertama alias tahun 2003, saat ini berkisar pada harga Rp 40 jutaan. Lalu, Xenia tipe R tahun 2017 berada di kisaran harga Rp 140 jutaan.

Semakin tua umurnya tentu harganya akan semakin turun. Seperti Xenia X tahun 2017, bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 137 jutaan. Sementara tahun 2013 tipe R seharga Rp 125 jutaan.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami