Harga BBM Subsidi Kembali Diusulkan Naik

BPH Migas meminta agar harga bahan bakar minyak bersubsidi dinaikkan. Hal ini disampaikan mengingat kuota bahan bakar bersubsidi yang diperkirakan akan kembali melebihi batas.

Selasa, 22 Januari 2013 11:50
SPBU Milik Pertamina
Editor : Alvin

Otosia.com - BPH Migas meminta agar harga bahan bakar minyak bersubsidi dinaikkan. Hal ini disampaikan mengingat kuota bahan bakar bersubsidi yang diperkirakan akan kembali melebihi batas. Kepala BPH Migas Andy Noorsaman melihat bahwa gejala melebihi batas kuota kerap terjadi.

"Kuota tidak akan melebihi jika harga BBM (subsidi) naik sehingga orang akan berhemat. Konsumsinya akan semakin berkurang jika harga dinaikkan," ujar Andy di Kantor Kementerian ESDM Jakarta.

Tahun ini sendiri pemerintah mengajukan kuota BBM bersubsidi sebesar 46,01 juta kiloliter. Namun, konsumsi BBM bersubsidi di tahun ini diperkirakan bakal melonjak 48 - 50 juta kiloliter.

Berdasarkan catatan tahun lalu, pengajuan penambahan kuota BBM bersubsidi sudah terjadi tiga kali. Dari semula 40,1 juta kiloliter menjadi 44,04 juta kiloliter, dan akhirnya menjadi 45,2 juta kiloliter.

Tambahan 1,23 juta kiloliter BBM bersubsidi pada akhir 2012 lalu pun diminta masuk anggaran kuota BBM bersubsidi di tahun 2013. Sejumlah program untuk menekan kuota BBM bersubsidi pun diberlakukan, misalnya usulan kenaikan harga BBM, penghematan konsumsi BBM bersubsidi pada kendaraan dinas, dan konversi BBM ke bahan bakar gas (BBG) yang hingga kini masih digodok.

(kpl/why/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami