Hadapi Toyota, Honda Akan Gandeng Nissan?

Toyota semakin kuat di pasar otomotif global dan Nissan tampaknya butuh mitra baru untuk menggantikan Renault, yaitu Honda.

Sabtu, 18 Januari 2020 12:15
Hadapi Toyota, Honda Akan Gandeng Nissan? Ilustrasi kolaborasi Nissan dan Honda

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Nissan saat ini sedang dilanda masalah manajemen yang cukup besar. Pabrikan asal Jepang itu bahkan dikabarkan berencana untuk hengkang dari aliansi dengan Renault.

Di lain pihak, Toyota semakin kokoh di pasar otomotif global. Hal ini tentu membuat gerah rival senegaranya, termasuk Honda.

Mengutip dari Bloomberg, Mio Kato, analis di LightStream Research menyebut bahwa kondisi tersebut akan memunculkan kolaborasi baru dari pabrikan asal Jepang. Prediksinya, Honda akan berkolaborasi dengan Nissan.

1 dari 1 Halaman

"Honda tidak pernah terlibat dalam aliansi, dan kolaborasi antara Honda dan Nissan tak terpikirkan. Tapi, dengan meningkatnya daya saing Toyota, kami merasa bahwa Nissan ingin mitra baru untuk menggantikan Renault," ujar Kato.

Baik Nissan maupun Honda sama-sama belum merespon prediksi ini. Pihak dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi pun menyatakan bahwa tidak akan ada anggota yang keluar lantaran skandal bos mereka, Carlos Ghosn.

Kato pun percaya bahwa beberapa tahun mendatang, pabrikan Jepang akan terbagi menjadi 2 grup besar. Saat ini, telah ada 1 raksasa, yaitu Toyota yang memiliki Mazda, Suzuki, dan Subaru.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami