Giliran Porsche Tersandung Kasus Manipulasi Angka Emisi Mesin Bensin

Mesin bensin yang diproduksi Porsche untuk Eropa sebelum tahun 2017 tengah diselediki. Pasalnya, Porsche diduga melakukan manipulasi emisi pad mesin bensin tersebut.

Rabu, 26 Agustus 2020 21:45
Giliran Porsche Tersandung Kasus Manipulasi Angka Emisi Mesin Bensin Porsche diduga manipulasi angka emisi mesin bensin (AFP/Thomas Khienzie)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Beberapa pabrikan mobil mewah pernah tersandung kasus manipulasi angka emisi. Sebut saja Volkswagen, Mercedes-Benz dan BMW, yang akhirnya kena denda dengan jumlah fantastis.

Kini giliran Porsche yang tersandung kasus serupa. Tapi, bukan untuk mesin diesel. Porsche diduga memanipulasi angka emisi mesin bensin.

Seorang Juru Bicara KBA mengatakan, Senin (24/8/2020), penyelidikan tersebut melibatkan mesin bensin yang diproduksi Porsche untuk pasar Eropa sebelum 2017. Jenama asal Negeri Bavarian ini sendiri telah mengonfirmasi masalah tersebut, dan telah memberi tahu pihak berwenang setelah penyelidikan internal menemukan dugaan penyimpangan.

1 dari 2 Halaman

Melansir Reuters, Jaksa Jerman telah memberikan dendan ke Porsche sebesar 535 juta euro tahun lalu, karena penyimpangan yang memungkinkan perusahaan tersebut menipu tes emisi diesel, namun untuk mesin bensin belum terbukti.

Seorang juru bicara Porsche mengatakan, masalah terkait kendaraan yang dikembangkan beberapa tahun lalu, menambahkan tidak ada indikasi bahwa produksi saat ini terpengaruh.

Surat kabar mingguan Bild am Sonntag melaporkan bahwa penyelidikan difokuskan pada mesin yang dikembangkan antara 2008 dan 2013, termasuk Porsche

Panamera dan 911. Masalah yang teridentifikasi, adalah adanya dugaan perubahan ilegal pada perangkat keras dan lunak yang dapat memengaruhi sistem pembuangan dan komponen mesin.

2 dari 2 Halaman

Buktinya

Makalah itu juga mengatakan bahwa selain diskusi dengan karyawan, bukti juga dicari dalam risalah rapat perusahaan dan ratusan ribu email.

Juru bicara Audi (NSUG.DE), divisi premium Volkswagen, mengatakan tidak ada indikasi bahwa masalah yang diidentifikasi di Porsche juga ada terkait dengan komponen Audi.

"Audi AG secara konstan dan terus menerus meninjau aspek teknis dan regulasi dari berbagai jenis kendaraan," kata juru bicara itu dalam komentar surat elektronik.

Sumber: Liputan.com

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami