Gila! Terminal Bus ini Seharga Puluhan Triliun Rupiah!

Fasilitas transportasi seperti terminal bus memang butuh biaya mahal, tapi angka puluhan triliun bukanlah angka yang lumrah, bagaimana ceritanya? Simak sini yuk!

Jum'at, 13 Maret 2015 09:30
Depot bus termahal (Foto: Istimewa)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Rasanya tak sulit untuk menjumpai proyek-proyek besar di Indonesia dengan harga fantastis sampai miliaran rupiah. Tapi jika angka dari pembangunan yang ditaksir mencapai angka triliunan bahkan puluhan triliun, maka itu luar biasa fantastis namanya. Apalagi untuk sebuah terminal bus.

Adalah pasca euforia World Cup Brazil yang menjadi saksi eksistensi sebuah depot bus yang sebenarnya merupakan stadion megah berkapasitas 80 ribu penonton, yakni stadion Mane Garrincha. Sebuah stadion yang dinamakan dari salah seorang legenda sepakbola Brazil, Garrincha.

Lantas mengapa sebuah stadion bisa menjadi sebuah depot bus? Gembar-gembor krisis sebelum piala dunia-lah yang pada akhirnya menjadi kenyataan. Dimana saat sebelum piala dunia, Brazil tidak memiliki kondisi ekonomi yang betul-betul stabil.

Selain itu, eksistensi stadion yang pasca piala dunia hanya dipakai oleh tim-tim kecil yang hanya mampu membawa sekitar 8 ribu-an penonton juga membuat pengelolanya harus memutar otak untuk menghasilkan uang, terhitung akhir tahun 2014 lalu.

Dan pada akhirnya, hari ini Mane Garrincha jadi persinggahan ribuan unit bus untuk transportasi ke penjuru kota dan 400 pegawai terminal untuk bekerja di stadion ini. Jika sepenuhnya kemudian stadion ini dialihfungsikan jadi terminal bus, maka bisa jadi ini merupakan terminal termahal di dunia.

Karena biaya pembangunan sebelumnya sekitar USD 1.18 Miliar atau sekitar mencapai Rp 23 Triliun, hanya sedikit lebih murah dan jadi stadion termahal kedua setelah Stadion Wembley, Inggris.

BERITA UNIK DAN MENARIK SELANJUTNYA

(kpl/fjr)
TAGS :
Ragam,   Pit Stop,   Bus
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami