General Motors Juga Akan Angkat Kaki dari Australia dan New Zealand

General Motors tak hanya angkat kaki dari Indonesia. Ada beberapa negara lain yang juga akan ditinggalkan merek mobil asal Amerika Serikat.

Kamis, 20 Februari 2020 20:45
General Motors Juga Akan Angkat Kaki dari Australia dan New Zealand Holden Equinox (holden.com.au)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - General Motors (GM) yang membawahi Chevrolet sudah mengumumkan meninggalkan pasar Indonesia pada akhir 2019 lalu. Alasannya, pasar Indonesia kurang bergairah untuk merek asal Amerika Serikat itu.

Rupanya keputusan yang sama juga diambil untuk pasar Thailand. Alasannya pun tak jauh berbeda dengan Indonesia.

"GM telah mempertimbangkan untuk mempertahankan Chevrolet di pasar Thailand, tapi kenyatannya tak ada lagi basis produksi Chevrolet di Thailand dan Chevrolet tak lagi bisa bersaing dengan baik di Thailnd," kata GM Strategic Markets, Alliances and Distributors President, Andi Dustan dalam keterangan tertulisnya.

 

1 dari 2 Halaman

GM tak berhenti di Thailand rupanya. GM juga akan segera angkat kaki dari pasar Australia dan New Zealand. Menurut GaadiWaadi, rencana itu akan direalisasikan pada tahun depan.

Hanya saja, di dua negara tersebut General Motors membawahi brand Holden, yang mana mobil-mobil Chevrolet di Australia dan New Zealand memakai badge Holden. Alasannya masih sama, penjualannya tak menguntungkan.

"GM berusaha untuk menghindari langkah ini, tapi itu akan butuh biaya mahal jika dilanjutkan," terang Presiden GM, Mark Reuss.

2 dari 2 Halaman

Alasan lainnya yakni soal kurs Australia yang terus menguat. "Kami berfokus pada strategi yang tepat untuk mendapatkan return yang baik, dan memprioritaskan investasi global yang akan terus bertumbuh di masa depan, khususnya pada kendaraan listrik dan kendaraan otonom," kata Chairman and CEO GM, Mary Barra.

Sebagai gantinya, GM menyebut akan lebih fokus untuk pasar-pasar yang memiliki keuntungan besar. Termasuk Amerika Serikat, China, Amerika Latin, dan Korea Selatan.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami