Gejolak Harga Minyak Dunia dan Rupiah Anjlok, Pertamina Belum Revisi Harga BBM

Meski terjadi gejolak harga minyak dunia dan anjloknya nilai tukar rupiah Pertamina masih mempertahankan harga jual BBM bulan Februari

Selasa, 24 Maret 2020 12:45
SPBU Pertamina (Nazar Ray)
Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Meski terjadi gejolak harga minyak dunia dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, Pertamina masih mempertahankan pemberlakuan harga jual BBM sesuai bulan Februari lalu.

Di samping itu, Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dollar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM.

Saat ini, harga BBM yang berlaku untuk Pertamax Turbo ( RON 98) adalah Rp 9.850/liter, Pertamax (RON 92) Rp 9.000/liter, Pertalite (RON 90) Rp 7.650/liter, Pertamina Dex (CEN 53) Rp 10.200/liter, dan Dexlite (CEN 51) Rp 9.500/liter.

Pertamina menyatakan harga BBM yang berlaku saat ini mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non Subsidi. Sedangkan harga BBM subsidi atau penugasan adalah kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya.

"Apabila nanti ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikan. Harga BBM ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dollar, inflasi dan lain lain," kata Fajriyah Usman VP Corporate Communication Pertamina dalam keterangan resminya kemarin (23/3).

Pertamina sendiri sudah melakukan penurunan harga BBM Non Subsidi pada Februari lalu dan harga BBM Pertamina yang berlaku saat ini masih kompetitif, atau lebih rendah dari harga penjual BBM lainnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan revisi dari kesalahan penulisan yang telah diterbitkan sebelumnya dengan link berikut (Harga BBM Berubah Lagi, Cek Daftar Harganya di Sini). Kami memohon maaf kepada semua pihak yang berkenaan dengan tulisan tersebut. 

 

 

 

(kpl/nzr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami