Gara-Gara Virus Corona, Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R Molor?

Ninja ZX-25R yang dijadwalkan meluncur bersamaan dengan event Kawasaki Bike Week 4 April 2020 dibatalkan akibat kekawatiran wabah corona

Jum'at, 13 Maret 2020 17:45
Gara-Gara Virus Corona, Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R Molor? Kawasaki Ninja ZX-25R (Nazar Ray)

Editor : Nazarudin Ray

Otosia.com - Peluncuran Kawasaki Ninja ZX-25R yang ditunggu-tunggu pecinta motorsport nampaknya bakal molor. Peluncuran yang digadang-gadang berlangsung di Kawasaki Bike Week di pantai Karnival Ancol pada 4 April mendatang dibatalkan pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Pembatalan tersebut diakui Kawasaki akibat kekhawatiran merebaknya virus corona. Pihak PT Kawasaki Motor Indonesia menyatakan pesta para bikers Kawasaki tersebut belum dapat dipastikan digelar tahun ini sampai menunggu pandemi corona mereda.

"Belum ada kepastian lagi (kapan KBW digelar)," kata Head of Marketing KMI Michael Tjandra Tanadi.

Michael enggan menjawab bahwa pembatalan KBW 2020 juga berkorelasi terhadap mundurnya pelaksanaan peluncuran Ninja ZX-25R. "Saya no comment," tangkisnya.

 

1 dari 3 Halaman

Sebelumnya diberitakan, sosok Ninja 250 dengan mesin berkonfigurasi 4 silinder akan dimunculkan pada KBW 2020. Namun gara-gara corona, nampaknya Kawasaki menjadwal ulang peluncuran Ninja ZX-25R. Boleh jadi waktunya tidak bersamaan lagi dengan perhelatan KBW.

Pada KBW 2017 lalu di Pantai Karaval Ancol, Kawasaki merilis tiga model sekaligus, yakni W175, All New Ninja 250, dan Z900RS.

“Pokoknya tunggu tanggal mainnya, tunggu undangannya ya,” kata Michael ketika itu, menjawab pertanyaan Ninja ZX-25R diluncurkan di KBW 2020

2 dari 3 Halaman

Kawasaki Ninja 250 empat silinder sendiri resmi dikenalkan pada gelaran Tokyo Motor Show (TMS) tanggal 23 Oktober 2019 lalu. Banyak hal berubah pastinya pada motor satu ini.

Soal mesin sudah pasti berubah. Kawasaki Ninja 250 4 silinder atau Ninja ZX-25R kelas supersport ini memakai mesin konfigurasi empat segaris dan jadi satu-satunya di kelasnya.

Cam ganda alias DOHC 16 katup (kubikasi 249 cc), membuatnya galak dengan torsi penuh di putaran bawah-tengah dan didukung sistem pendingin cairan. Sasisnya sendiri digarap dari pengalaman Kawasaki memenangi seri-seri WSBK.

3 dari 3 Halaman

Sasis trelis baru, hasil analisis Kawasaki akan dinamika terhadap konstruksi rigid yang pada akhirnya diimbangi dengan suspensi depan SFF-BP kelas tinggi. 

Hal baru lainnya adalah status sebagai satu-satunya di kelasnya dalam penggunaan kaliper depan monoblock dan suspensi belakang horizontal yang tujuannya memberikan gaya supersport saat menikung. Kawasaki Ninja 250 4 silinder ini juga dibekali KTRC (Kawasaki TRaction Control), Power Mode selection dan KQS (Kawasaki Quick Shifter).

(kpl/nzr)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami