Gara-gara Chip Semikonduktor Langka, Inden Toyota Land Cruiser 300 Sampai 4 Tahun

Kelangkaan chip semikonduktor membuat produksi Land Cruiser 300 terhambat. Hasilnya waktu indennya makin lama.

Sabtu, 11 September 2021 20:15
Gara-gara Chip Semikonduktor Langka, Inden Toyota Land Cruiser 300 Sampai 4 Tahun Toyota Land Cruiser 300 (Hyogo Toyota)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Sejak COVID-19 menyebar secara global, dunia mengalami berbagai masalah, termasuk industri otomotif. Akibat pandemi, produsen otomotif kesulitan dalam pengadaan chip semikonduktor yang dibutuhkan kendaraan.

Kelangkaan alat yang sangat terkait erat dengan sistem kelistrikan mobil tersebut menyebabkan produksi terganggu. Pabrik butuh waktu lebih lama untuk menghasilkan sebuah mobil.

Toyota ikut dibuat pusing akibat kelangkaan chip semikonduktor. Dampaknya, produksi Toyota Land Cruiser 300 terbaru menjadi terhambat. Padahal SUV ini belum belum lama meluncur secara global. 

1 dari 3 Halaman

Pengiriman di Jepang

Melansir paultan.org, Jumat (10/9/2021), kelangkaan chip semikonduktor menurunkan operasional produksi mobil Toyota di Jepang hingga 40%. Toyota sendiri menyatakan produksi Land Cruiser 300 hanya sampai bulan September 2021.

Produksi yang tidak lancar membuat inden Toyota Land Cruiser 300 mencapai 4 tahun. Menurut pihak Toyota, keterlambatan tersebut juga terkait erat dengan jumlah permintaan yang jauh lebih tinggi dibandingkan volume produksi.

Angka pemesanan model ini di Jepang mencapai 20.000 unit. Namun karena kendala proses produksi, baru 5.000 unit yang terkirim ke pelanggan. Model Toyota Land Cruiser 300 terlaris adalah ZX dan GR Sport.

2 dari 3 Halaman

Ekspor terhambat

Penghentian produksi di bulan September mengakibatkan ekspor Land Cruiser 300 ke sejumlah negara tidak berjalan. Salah satunya adalah Negeri Kanguru. Saat ini Toyota belum bisa memastikan kapan Land Cruiser 300 dikirimkan ke pelanggannya di Australia.

"Pengiriman unit Toyota Land Cruiser 300 ke pelanggan mengalami keterlambatan. Produksi Land Cruiser di Jepang sudah dihentikan sejak bulan Agustus hingga September karena banyaknya pembatasan operasional di Asia Tenggara akibat COVID-19 yang membuat kelangkaan parts," ungkap pihak Toyota, merespon persoalan ekspor ke Autralia.

3 dari 3 Halaman

Sebagai gantinya, Toyota menawarkan peminat Land Cruiser 300 untuk melakukan test drive lebih dulu di bulan Oktober 2021. Pasalnya unit test drive baru tersedia di diler-diler Toyota di Australia pada bulan kesepuluh tahun ini.

"Beberapa unit akan tiba di diler sebagai mobil demonstrasi mulai dari awal Oktober. Kami memberikan peluang kepada para pelanggan setia kami untuk menjajal Land Cruiser secara langsung dan menjalankan test drive sesuait peraturan yang berlaku," ujar pihak Toyota.

(kpl/dit)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami