Ganti Oli Sampai Luber, Apa Efeknya?

Pada tutup tangki oli ada dipstick untuk mengukur kebutuhan oli. Tapi bagaimana jika saat mengganti oli justru terlalu banyak?

Selasa, 11 Juni 2019 21:45
Ganti Oli Sampai Luber, Apa Efeknya? Ukuran penggantian oli kendaraan bisa dilihat menggunakan dipstick (Oli Motul)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Jika mengganti oli ada baiknya untuk mengetahui berapa banyak oli yang dibutuhkan. Biasanya, pada tutup tangki oli ada dipstick untuk mengukur kebutuhan oli.

Jika kurang, maka beberapa bagian tidak sepenuhnya mendapat pelumasan. Hal itu bisa membuat komponen kendaraan seperti siinder dan camshafts tergores dan mesin tak bisa berfungsi.

Tapi bagaimana jika saat mengganti oli justru terlalu banyak?

 

1 dari 1 Halaman

Stirring Oil

Melansir Zing, kelebihan cairan oli bisa menyebabkan mesi menjadi terlalu panas dan muncul gelembung udara. Cairan yang terlalu banyak akan mengurangi volume udara pada mesin dan menyebabkan fenomena stirring oil.

Kendaraan akan berjalan tidak maksimal karena mesin akan mudah panas. Selain itu, pelumas juga punya sifat mengeras. Maka, jika saat pagi hari dengan cuaca yang dingin, kendaraan akan sulit dinyalakan.

Maka itu, pemilik kendaraan yang memutuskan mengganti oli sendiri harus memperhatikan kebutuhan oli kendaraan. Pada buku manual kendaraan sudah dijelaskan berapa banyak oli yang dibutuhkan.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami