Ganti Oli Pakai Kompresor, Awas Mesin Jebol

Supaya mobil terus memiliki performa yang maksimal, penggantian oli secara berkala penting dilakukan. Selain membawa mobil ke bengkel resmi dan non resmi, biasanya pemilik mobil juga memilih untuk mengganti oli sendiri.

Selasa, 11 Juni 2019 21:15
Ganti Oli Pakai Kompresor, Awas Mesin Jebol Ilustrasi mengganti oli mobil (Greer Nissan)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Supaya mobil terus memiliki performa yang maksimal, penggantian oli secara berkala penting dilakukan. Selain membawa mobil ke bengkel resmi dan non resmi, biasanya pemilik mobil juga memilih untuk mengganti oli sendiri.

Meski demikian, tak sedikit penggantian oli di bengkel non resmi dilakukan dengan cara kurang tepat. Seperti menggunakan tekanan angin dari kompresor. Cara ini memang ampuh mengeluarkan sisa oli dari ruang mesin, namun ada konsekuensi yang harus di tanggung jika teknik ini sering dilakukan.

Seperti dilansir Suzuki, teknik menguras oli dengan kompresor memiliki efek samping yang berisiko tinggi. Udara atau angin bertekanan tinggi saat disemprotkan ke dalam ruang mesin mungkin saja mengandung uap yang bisa berubah menjadi tetesan air dalam suhu tertentu.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami