Ganti Ban Skutik dengan Diameter Lebar Ternyata Perpendek Umur V-Belt

Penggantian roda atau ban yang tidak sesuai akan mengangu kemanan dan kenyamanan berkendara, bahkan bisa boros BBM

Jum'at, 02 Agustus 2019 22:15
Ganti Ban Skutik dengan Diameter Lebar Ternyata Perpendek Umur V-Belt Ilustrasi skutik Honda ADV150 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Banyak pemilik skutik yang merasa tidak puas terhadap tampilan standar kendaraan. Langkah modifikasi pun diambil agar motor sesuai selera pemiliknya, termasuk mengganti ban dan pelek.

Namun sayangnya banyak yang salah pilih dalam memodifikasi sektor kaki-kaki. Misalnya pakain pelek tipis dengan ban cacing, atau sebaliknya mengaplikasi pelek lebar dengan ban ukuran besar agar terlihat lebih gagah. Padahal roda berperan vital dalam menunjang keselamatan dan keamanan berkendara.

Karena itu jangan sembarangan mengganti roda. Ukuran roda sudah di sesuaikan dengan setiap jenis sepeda motor tentunya melalui banyak perhitungan. Dengan kata lain ukuran roda standar sudah dibuat sedemikian rupa oleh pabrikan, sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan pada pengendaranya.

 

 

1 dari 2 Halaman

Boros BBM

Boros BBM

“Melakukan perubahan ukuran roda ataupun ban tentunya akan membawa dampak bagi sepeda motor yang digunakan. Penggantian masih dikatakan wajar jika tidak dilakukan secara ekstrem,” buka Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer dan suku cadang sepeda motor Honda Jawa Barat.

Menurut Ade Rohman, penggantian roda atau ban yang tidak sesuai akan mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara, bahkan bisa boros BBM.

“Penggantian ukuran dengan yang lebih besar tentunya akan membuat akselerasi menjadi lebih berat karena ukuran roda yang lebih besar. Dampaknya adalah tentunya ke bahan bakar yang menjadi lebih boros karena beban kendaraan menjadi lebih berat. Di samping itu akan lebih banyak getaran yang akan dirasakan oleh pengendara dari kondisi jalan,” imbuhnya.

2 dari 2 Halaman

Risiko Kecelakaan

Risiko Kecelakaan

Dampak lainnya kemudi menjadi lebih sulit dikendalikan, sehingga membuat cepat aus sistem pemindah tenaga, seperti rantai dan gear rantai atau V-belt pada sepeda motor tipe matik.

Lalu bagaimana jika ukuran ban diperkecil sampai kondisi yang ekstrim? Kalau yang ini sudah pasti berisiko terhadap keselamatan karena roda bersentuhan langsung dengan aspal jalan. Saat melewati jalan basah pun ban akan kehilangan daya cengkeram karena air tidak sepenuhnya dihilangkan oleh kembangan ban.

“Saat anda menggunakan ban motor yang berukuran kecil dan melaju dengan kecepatan yang tinggi hal ini sangat berbahaya untuk bermanuver. Motor akan menjadi tidak stabil dan bisa tergelincir, karena ban tidak sanggup mengimbangi berat motor dan juga pengendaranya. Jadi lebih baik pikirkan lagi sebelum mengganti pakai ban kecil,” terangnya.

(kpl/nzr/ahm)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami