Ganjil-Genap: Bagaimana Mobil Luar Jakarta?

Sistem ganjil-genap yang digagas oleh gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, masih dalam tahap proses awal 'penggodokan'. Sistem ini diharapkan mampu memecahkan kemacetan kronis. Namun bagaimana dengan mobil luar Jakarta? 

 

Rabu, 27 Februari 2013 11:20
Ilustrasi: Sistem pemantauan operasional ganjil-genap
Editor : Albert

Otosia.com - Pengaturan arus lalu lintas berdasarkan pelat nomor ganjil-genap akan diberlakukan juga terhadap mobil dari luar DKI Jakarta yang memasuki jalur-jalur dengan penerapan sistem ini. Hal tersebut sebelumnya sudah disampaikan, dan kali ini dipertegas kembali.

"(Pengaturan juga untuk) dari luar kota. Semua harus ikut dan menyesuaikan aturan DKI," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono di Balaikota DKI Jakarta.

Nantinya, mobil-mobil luar Jakarta ini belum akan ditempeli stiker, dan hanya dilihat dari nomor terakhir pada pelat di tiap-tiap kendaraan.

Ganjil-genap ditandai dengan angka terakhir di pelat nomor. Angka 1, 3, 5, 7, dan 9 masuk dalam ganjil (diberi stiker hijau) dan 0, 2, 4, 6, 8 masuk dalam genap (stiker merah). Penentuan ganjil-genap akan dilakukan mengikuti tanggal pada setiap harinya.

Sistem ini sendiri akan berlaku di jalur 3 in 1, yakni Jalan Sudirman, MH Thamrin, Gatot Subroto, dan Rasuna Said, Kuningan. Sistem ganjil-genap akan diberlakukan mulai pukul 06.00-20.00 setiap hari kerja, dan tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, serta hari libur nasional

(kpl/why/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami