Gagal menangi MotoGP Prancis demi Hayden, Rossi kecewa

Valentino Rossi kecewa berat setelah gagal meraih kemenangan di MotoGP Prancis akibat terjatuh di Tikungan 11 Sirkuit Le Mans dan gagal finis.

Senin, 22 Mei 2017 09:30
Valentino Rossi (c) Yamaha
Editor :

Otosia.com - Pembalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi mengaku kecewa berat gagal meraih kemenangan di Sirkuit Le Mans, Prancis, yang tadinya ingin ia dedikasikan kepada eks rider MotoGP, Nicky Hayden yang kini tengah dalam kondisi kritis di Maurizio Bufalini Hospital, Cesena, Italia akibat tertabrak mobil saat bersepeda di Rimini pekan lalu.

Start dari posisi kedua, Rossi melaju di posisi ketiga nyaris sepanjang balapan, di belakang sang tandem, Maverick Vinales dan debutan Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Pada Lap 23, Rossi pun berhasil menyalip Zarco di Tikungan 3, dan melakukan manuver serupa kepada Vinales pada Lap 26.

Memimpin balapan selama dua lap, Rossi membuat kesalahan dan melebar pada lap terakhir, hingga kembali tersalip oleh Vinales. Bertekad kembali menyerang, ia justru melakukan kesalahan hingga ban belakangnya selip di Tikungan 11. The Doctor pun gagal finis.
Valentino Rossi saat terjatuh di Tikungan 11 Sirkuit Le Mans. (c) MotoGP
"Bagi saya dan tim, pekan balap ini adalah yang terbaik sepanjang musim. Saya lebih kompetitif saat latihan, terutama dalam balapan. Jelas ini balapan terbaik saya musim ini. Pada pertengahan balap, saya bisa berkendara jauh lebih baik dan sejak itu saya bisa menyerang, bisa menyalip Johann dan bertarung dengan Mack," ujarnya kepada Crash.net.

Rossi pun mengaku dirinya terlalu cepat masuk ke Tikungan 6 hingga melebar karena tak sempat mengerem. "Mack menyalip tapi saya tahu saya punya kesempatan sekali lagi karena saya begitu dekat. Jujur saja, entah mengapa saya jatuh, karena biasanya saya memperhatikan ban depan, kali ini ban belakang yang selip. Tapi bagaimanapun sayalah yang membuat kesalahan," tuturnya.

Berkat hasil buruk ini, Rossi pun terjun ke peringkat ketiga pada klasemen pembalap dengan 62 poin, tertinggal 23 poin dari Vinales di puncak, dan tertinggal enam poin dari rider Repsol Honda, Dani Pedrosa di peringkat kedua. Ia pun bertekad membayar tuntas kesalahannya di seri kandang, MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 2-4 Juni nanti.

"Sangat disayangkan harus pulang tanpa poin, dan yang paling mengecewakan adalah saya gagal menang, serta kehilangan puncak klasemen. Tapi pekan balap ini tetap sangat baik, saya sangat kuat. Kini saya fokus pada seri selanjutnya, tapi tahun ini saya belum pernah berkendara sekuat ini, jadi semoga kami bisa terus punya kecepatan ini," pungkas Rossi. (cn/kny)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami