Formula E, Ini Bedanya dengan Formula 1

Jakarta kabarnya akan menjadi tuan rumah Formula E. Sebenarnya, apa bedanya Formula E dengan Formula 1?

Selasa, 16 Juli 2019 11:15
Formula E, Ini Bedanya dengan Formula 1 Tim Formula E Audi (audi-mediacenter.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Belum lama ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan melalui akun media sosial resminya bahwa Jakarta pada tahun 2020 mendatang kan menjadi salah satu tuan rumah Formula E.

Hal itu ia sampaikan setelah bertemu dengan Alenjandro Agag, CEO Formula E. Hanya saja, pihak FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) atau asosiasi balap dunia belum memberikan pengumuman resmi terkait hal ini.

Terlepas dari kabar tersebut, apa itu Formula E? Apa bedanya dengan Formula 1?

Mudahnya, Formula E adalah ajang balap mobil listrik dengan desain bodi mirip Formula 1. Event ini digagas pada tahun 2012 sebelum seri pertamanya digelar di Beijing pada 5 tahun silam.

Tak seperti Formula 1, semua seri Formula E digelar di sirkuit jalan raya. Saat ini setidaknya telah ada 10 seri yang terdaftar, mulai Hongkong Central Habourfront Circuit hingga Sirkuit Jalanan Putrajaya, Malaysia.

 

1 dari 1 Halaman

Tak Kenal Pit Stop

Tak Kenal Pit Stop

Sistem Formula E sebenarnya tak jauh beda dengan Formula 1. Setiap tim yang bertanding memiliki 2 pembalap dan saat ini telah ada 11 tim yang terdaftar.

Meski menggunakan tenaga listrik, mobil-mobil Formula E mampu melesat dengan kecepatan hingga 280 Km/jam. Performa tersebut berasal dari baterai bertenaga 200 kW.

Berbeda dengan Formula 1, Formula E tidak mengenal sistem pit stop. Ya, tidak ada pergantian ban dramatis dan super cepat di ajang balap ini lantaran permukaan ban telah disesuaikan dengan berbagai macam kondisi.

Pada 2017 lalu, Rio Haryanto juga pernah berada di balik kemudi mobil Formula E. Agag beranggapan bahwa Rio dapat mempopulerkan ajang balap mobil listrik itu di Indonesia.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami