Formula E Boleh Digelar di Monas, Asal...

Akhirnya gelaran Formula E diizinkan diselenggarakan di kawasan Monas. Tapi ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk melancarkan E Prix Jakarta 2020 itu.

Selasa, 11 Februari 2020 15:15
Formula E Boleh Digelar di Monas, Asal... Formula E boleh digelar di Monas (Merdeka.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Komisi Pengarah sempat tak mengizinkan penyelenggaraan balap Formula E di kawasan Monas. Ada banyak pertimbangan yang melatarbelakangi keputusan tersebut. Salah satunya, adanya cagar budaya di kawasan Monas.

Kini akhirnya Formula E yang rencananya akan digelar pada Juni 2020 mendatang, sudah mendapatkan izin digelar di Monas. Izin tersebut tertuang dalam surat Nomor B-3/KPPKKM/02/2020.

Surat tersebut ditandatangani oleh Menteri Seketaris Negara yang juga merupakan Ketua Komisi Pengarah Medan Merdeka, Pratikno. Surat tersebut ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Informasi tentang surat Komisi Pengarah tanggal 7 Februari tersebut betul. Dalam surat tersebut pada prinsipnya Komrah menyetujui Formula E di Kawasan Taman Medan Merdeka, dengan memperhatikan dan mematuhi peraturan perundang-undangan, antara lain UU Cagar Budaya," jelas Sekretaris Kemensetneg Setya Utama seperti dilansir kanal Peristiwa, Liputan6.com.

 

1 dari 1 Halaman

Formula E diizinkan digelar di Monas (Liputan6.com)

Meski telah menyetujui kawasan Medan Merdeka dipakai untuk sirkuit Formula E, Komisi Pengarah tetap meminta agar pihak penyelenggara memperhatikan sejumlah hal:

1. Dalam merencanakan konstruksi lintasan tribun penonton dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, antara lain UU No 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya

2. Menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pepohonan dan kebersihan dan kebersihan lingkungan di kawasan Medan Merdeka

3. Menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka

4. Melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami