Ford Everest, SUV Anti Mainstream Yang Terbengkalai

Sekalipun Ford sudah 'mundur' dari Indonesia, namun SUV milik mereka masih punya pesona yang luar biasa.

Rabu, 25 Mei 2016 12:15
Ford Everest (foto: CarBay)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Saat membicarakan mobil SUV, biasanya hanya Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang terlintas di pikiran kita. Itulah SUV menengah paling mainstream yang biasanya terlihat di jalanan, dan mengisi pundi keuangan pembuatnya dengan deras. Namun ada satu yang sebetulnya, kalau boleh jujur, lebih baik dari kedua mobil itu. Inilah, All-new Ford Everest.

Ya, Ford. Pabrikan yang akhirnya memutuskan untuk undur diri dari pasar Indonesia karena mereka merasa tidak punya model yang kompetitif dibanding pesaingnya. Sebuah pandangan yang sepertinya salah dari sudut pandang kami, karena Ford memiliki deretan produk yang luar biasa. Mulai dari small hatchback hingga SUV.

Ford Everest adalah pengisi pasar SUV yang memang dihadapkan dengan Fortuner dan Pajero Sport. Sejak pertama hadir, mobil ini tidak berkutik melawan kedua merek Jepang itu. Namun Ford memang tidak bisa disalahkan. Berapa banyak yang paham merek Amerika ini? Dan berapa banyak yang tahu bahwa Everest generasi terbaru dibekali fitur yang bersaing dengan Pajero Sport dan Fortuner?

Dari segi dept tenaga, Ford membekali dua pilihan mesin turbodiesel untuk pasar Indonesia yaitu 2,2 liter dan 3,2 liter. Tidak perlu melihat terlalu jauh dengan membandingkan mesin 3,2 liter dengan mesin milik pesaingnya dari Jepang. Kita lihat mesin 2,2 liter DURATORQ . Meski kapasitasnya paling kecil, namun mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dari Fortuner yang bermesin turbodiesel 2,4 liter. Mesin Everest menghembuskan 160 PS, sementara Fortuner 150 PS. Memang belum bisa melewati Pajero Sport (Dakar) yang memiliki 181 PS, namun hal ini cukup membuktikan bahwa Everest tidak bisa dianggap enteng. Mesin 3,2 liter lebih gila lagi dengan menghasilkan 195 PS.

Dari sisi desain, memang berbeda. Fortuner dan Pajero Sport menganut bentuk yang modern, tanpa meninggalkan kesan gagah sebuah SUV. Everest, di sisi lain, memilih untuk memiliki tampang tegas, gagah, khas Amerika dengan paras yang mengotak. Kesan modern bisa dilihat di bagian buritan dengan lampu belakang yang minimalis berisikan bohlam LED, plus pintu bagasi yang bergaris desain tegas membentuk lesung.

Di sisi kabin, mobil ini juga menawarkan kelegaan SUV tujuh penumpang yang bisa diandalkan. Saat yang lain berkutat sola betapa mudahnya mengakses kursi baris ketiga, hanya dengan menarik sebuah tuas, Everest melangkah lebih jauh dengan memberikan pelipatan kursi elektrik untuk melipat bangku baris ketiga, dan memberikan ruang bagasi ekstra, tanpa pemiliknya harus mengeluarkan tenaga berlebihan. Lebih dari itu, Everest juga dibekali dengan pintu bagasi elektris.

Nah, dengan kelebihan itu, kalau menajemen Ford mengatakan tidak bisa memberikan produk yang kompetitif, rasanya mereka salah.

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

    (kpl/prl/fjr)
    TAGS :
    KOMENTAR

    BERITA TERKAIT





    Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
    Pilih Mobilmu Sekarang

    Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami