Fenomena Panggul Motor dan Batas Angkut Pekerja Indonesia

Ketika melihat video orang memanggul motor yang sempat viral di media sosial beberapa waktu yang lalu. Ternyata aksi seperti hal tersebut bertentangan dengan aturan Ketenagakerjaan.

Selasa, 11 April 2017 11:30
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Ketika melihat video orang memanggul motor yang sempat viral di media sosial beberapa waktu yang lalu, Anda mungkin akan berpikir, 'harusnya orang yang naik motor bukan motor yang naik orang'. Dari video singkat tersebut memang terlihat seorang yang diperkirakan sebagai kuli panggul sedang memikul motor matic Honda Scoopy di Pantai sanur, Denpasar, Bali.

Dalam video yang diunggah di Facebook, pria tersebut terlihat dengan ringan memikul motor yang memiliki bobot hampir satu kuintal itu. Untuk ukuran pastinya, dikutip dari situs resmi Astra Honda Indonesia, Honda Scoopy standard pabrikan memiliki berat 99kg dengan dimensi panjang 1.856 mm, lebar 694mm dan tinggi 1.060 mm.

Secara berat tubuh, pria pengangkut motor tersebut juga terlihat tidak memiliki tubuh yang ideal. Hal tersebut bisa bertentangan dengan aturan mengenai batas angkut pekerja.

Batasan angkat pekerja di Indonesia sendiri sudah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Tenaga Kerja Transmigrasi dan Koperasi No. PER.01/Men/1978 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam bidang Penebangan dan Pengangkutan Kayu. Beban angkat ditetapkan dengan dasar perhitungan 5/7 kg berat badan, contohnya seorang lelaki dengan berat badan 70 kg berarti beban yang dapat diangkat sebesar 50 kg, dikutip dari sebuah skripsi mahasiswa Universitas Negeri Semarang.

Lebih lanjut, batasan maksimal angkat yang ditetapkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Transmigrasi dan Koperasi untuk aktivitas mengangkat yang dilakukan secara sesekali pada laki-laki dewasa berat beban yang boleh diangkat adalah 40 kg.

Melihat aturan tersebut, kemudian kalau dihubungkan dengan orang yang memanggul motor tersebut jelas sangat bertentangan, karena bebannya sudah dua kali lipat dari batas yang sudah di tentukan. Kemungkinan bagi sang kuli angkut tersebut belum mengetahui adanya aturan tersebut. Bisa jadi hal yang terpenting adalah mendapat uang, 'selama tubuhnya masih kuat ya angkut saja'.

News Menarik Dunia Otomotif Lainnya

(kpl/rd)
TAGS :
Ragam,   Pit Stop,   Video
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami