Federal Oil Operasikan Pabrik Pelumas Modern di Cilegon

Mengoptimalkan produksi dan kualitas pelumas dan pengemasan sesuai tuntutan pasar PT Federal Karyatama (MPM Lubricants) meresmikan pabrik pelumas modern di kawasan Krakatau Industrial Estate, Cilegon, Banten, Rabu (23/8).

Kamis, 24 Agustus 2017 12:15
Foto: Nazar Ray
Editor : Ahmad Khoirudin
Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - Mengoptimalkan produksi dan kualitas pelumas dan pengemasan sesuai tuntutan pasar PT Federal Karyatama (MPM Lubricants) meresmikan pabrik pelumas modern di kawasan Krakatau Industrial Estate, Cilegon, Banten, Rabu (23/8).

Pabrik seluas 2 hektar yang sudah mulai beroperasi sejak Juli lalu mampu memproduksi pelumas sepeda motor dan mobil sebanyak 100 juta liter per tahun.

Dengan beroperasionalnya pabrilk pelumas Federal Oil ini maka, secara bertahap MPM Lubricants akan menutup pabrik mereka di kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta. Sebelumnya Federal Oil sudah memiliki dua pabrik, di jalan Rawa Gelam dan Rawa Bali di Pulo gadung, Jakarta Timur.

"Satu pabrik kami di Pulo gadung, sudah mulai kami tutup, satu lagi masih beroperasi, nama secara bertahap semua produksi dan R&D akan kami alihfungsikan di pabrik baru kami di Cilegon," ujar Patrick Adhiatmadja, Direktur Utama PT Federal Karyatama.

Pabrik Federal Oil di Cilegon didukung sistem manajemen produksi ISO 9001, mulai dari sistem penerimaan material, penyimpanan, proses blending, filling bottling dan packing machine yang terintegrasi. Ini juga termasuk konsep pabrik yang ramah lingkungan, dengan pengolahan limbah yang bersertifikasi, sumur buangan dan program penghijauan dengan penanaman pohon.

"Menilik perkembangan dunia otomotif, kami optimis bahwa industri pelumas Tanah Air akan terus mengalami pertumbuhan. Kami berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan pelumas Tanah Air melalui pembangunan pabrik dengan kapasitas dan fasilitas yang jauh lebih memadai dari yang ada sebelumnya," tandas Patrick.

Kendati sudah mengalihfungsikan pabrik di Pulo Gadung dan permintaan meningkat, komposisi produksi pelumas di pabrik Cilegon masih sama dengan pabrik sebelumnya. "Prosentase produksi pelumas sama dengan yang di Pulo Gadung. Kalau oli mobil karena baru kami perkenalkan 2 tahun lalu, produksinya sekitar 3 persen, industri 1 persen, dan sisanya paling banyak tentu produksi pelumas roda dua," terang Patrick.

MPM Lubricants berharap kedepannya pabrik baru mereka mampu meningkatkan produksi oli, termasuk memperbesar pemenuhan kebutuhan pelumas sektor industri. Termasuk melakukan ekspor ke negara-negara Asia Tenggara.

PT Federal Karyatama adalah anak perusahaan dari PT Mitra Pinasthika Mulia Tbk (MPM), sebuah perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia. Sebagai produsen pelumas asli Indonesia dengan merek Federal oil dan Federal Mobil, PT Federal Karyatama telah memenuhi dan melayani konsumen di Indonesia selama 29 tahun.

Ulasan Menarik Berita OLI - Pelumas Mesin Lainnya

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami