Fakta Terbaru All New Toyota Yaris 2014 Tanah Air

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pabrikan resmi mobil-mobil Toyota di Tanah Air telah membuka pemesanan terhadap hatchback terbaru mereka yakni All New Toyota Yaris 2014.

Jum'at, 06 Desember 2013 19:15
Fakta Terbaru All New Toyota Yaris 2014 Tanah Air All New Toyota Yaris 2014

Editor : Albert

Otosia.com - Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pabrikan resmi mobil-mobil Toyota di Tanah Air telah membuka pemesanan terhadap hatchback terbaru mereka yakni All New Toyota Yaris 2014.

Perubahan utama yang terjadi pada All New Toyota Yaris 2014 adalah dari sektor eksterior dan juga sisi mesin. Dimensi body menjadi lebih panjang dengan wheelbase sama dengan All New Toyota Vios 2014 yaitu 2.550 mm (untuk pasar Asia) untuk Eropa lebih pendek dengan 2.510 mm.

Apa saja fakta terbaru tentang sosok city car terbaru Tanah Air ini?

1 dari 5 Halaman

'Produksi' Dalam Negeri

'Produksi' Dalam Negeri

TAM menegaskan dalam pertemuannya dengan awak media belum lama ini, yang menyatakan bahwa meski pihaknya sudah membuka pemesanan namun sejatinya saat ini belum masuk proses perakitan. Untuk proses produksinya sendiri baru akan dimulai sebelum peluncuran resminya pada Maret 2014 mendatang.

TAM tidak lagi mengimpor Yaris (CBU) dari Thailand lagi untuk proyek All New Yaris 204 ini. Langkah ini menyebabkan TAM harus merakitnya di dalam negeri sehingga tidak terjadi lagi 'telat' pasokan dalam memenuhi permintaan konsumen Indonesia.

2 dari 5 Halaman

Mesin 'Tidak Sama'

Mesin 'Tidak Sama'

TAM menegaskan kembali langkahnya untuk memproduksi (merakit) sendiri All New Yaris 2014 ini lantaran ada perbedaan spesifikasi mesin yang berlaku untuk Yaris di Thailand dengan di Tanah Air.

Jika di negeri Gajah Putih ini program pemerintahnya sudah masuk pada kebijakan eco-car yang berarti pembatasan kapasitas mesin menjadi 1200cc, sedang di Indonesia masih menggunakan batasan mesin 1500cc untuk sang calon Yaris terbaru ini.

3 dari 5 Halaman

Eksterior Tampil 'Beda'

Eksterior Tampil 'Beda'

Menurut beberapa sumber TAM untuk Asia, antara Indonesia-Thailand dengan Amerika-Eropa akan memilki perbedaan yang cukup ketara pada sektor body ekteriornya.

Berdasarkan pemaparan yang disampaikan Rahmat Samulo selaku Direktur PT Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM), All New Yaris 2014 ini memiliki dimensi yang berbeda dengan Yaris lama.

Di mana untuk sektor sasis dan body akan lebih panjang, sedang untuk groundclearance-nya sendiri akan semakin menempel dengan tanah alias lebih rendah. Sehingga sudah bisa diprediksi bahwa Yaris terbaru ini akan lebih nyaman lagi.

4 dari 5 Halaman

Interior 'Sporty'

Interior 'Sporty'

Untuk sektor interior, TAM membekalinya dengan fitur kaca gelap (hitam) pada mobil contoh produksi pada saat jumpa pers beberapa waktu yang lalu. Sehingga para awak media masih menduga-duga bagaimana kondisinya.

Namun melalui penjelasannya, setidaknya interior Yaris terbaru ini memang dikhususkan untuk segmen pasar para pemuda yang lebih menyukai gaya sporty dan dinamis.

5 dari 5 Halaman

Harga 'Naik'

Harga 'Naik'

Pihak TAM masih belum bisa memberitahukan berapa kelak harganya, dengan alasan untuk saat ini (sebelum proses peluncuran Maret 2014). Unit yang diperlihatkan kepada awak media ini masih berupa contoh yang mengambil seri TRD (pengenalan awal).

Pihaknya menegaskan bahwa kemungkinan penentuan harga akan sangat bergantung pada nilai tukar mata uang Rupiah terhadap mata uang Dolar Amerika. Jadi meskipun dirakit mandiri oleh TAM, tidak menutup kemungkinan harganya bisa naik cukup signifikan.

(kpl/abe)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami