Fakta Mencengangkan Tentang Keselamatan Mobil

Penelitian yang dilakukan kepada setidaknya 1.000 orang di Australia ini menunjukkan fakta-fakta tentang keselamatan mobil.

Jum'at, 18 Mei 2018 18:45
Foto ilustrasi by automotive.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Memiliki mobil mewah dengan segala macam fitur berteknologi dan fitur keselamatan terbaik, tentu harus bisa memanfaatkannya. Akan rugi jika hanya mengandalkan merek tanpa tahu tentang apa manfaatnya memiliki mobil mahal.

Berbicara soal keamanan dan keselamatan mobil, Savvy Finance+Insurance peranh melakukan penelitan terhadap setidaknya 1.000 orang di Australia. Penelitan ini mendapatkan fakta-fakta yang mencengangkan tentang keselamatan dan kesadaran pengendara, pada Februari 2014 silam.

Dilansir B2C, 95 persen atau 950 orang pengemudi di Australia menyatakan bahwa keselamatan adalah prioritas utama. Tapi mengkhawatirkannya, justru hanya ada 1 orang dari 10 orang yang benar-benar mengetahui tentang kemanan dan keselamatan mobil.

Mobil-mobil masa kini juga sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan seperti ABS (Anti-Lock Braking System) ataupun ESC (Electronic Stability Control). Tapi sayangnya hanya ada 30 persen atau 300 orang dari 1.000 orang yang mengetahui fungsi ABS dengan baik.

Sedangkan hanya 200 orang atau 20 persen dari 1.000 orang yang mengetahui fungsi ESC di mobilnya. Tapi, 60 persen tak menjadikan warna mobil sebagai bahan pertimbangan yang utama.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa mobil yang berwarna kuning memiliki 10 persen lebih kecil untuk mengalami kecelakaan daripada mobil berwarna hitam.

Bahkan, kecelakaan bisa terjadi pada waktu-waktu tertentu. Hampir setengah dari semua kecelakaan, terjadi pada siang hingga sore hari, yakni antara pukul 12.00 dan 18.00.

Menariknya, mayoritas kecelakaan terjadi pada hari jumat. Nah, otolovers untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan ada baiknya memahami betul apa fungsi dan bagaimana menggunakan fitur keselamatan yang telah disematkan pada mobilmu.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami