Fakta di Balik Mobil Rp 24 Miliaran, Koenigsegg Regera 2015

Pabrikan mobil super - Koenigsegg - asal Swedia ini baru saja memperkenalkan produk terbarunya yakni Regera. Kesuksesan pabrikan ini terbukti dengan mencatatkan rekor sebagai mobil tercepat dari salah satu produknya.

Senin, 09 Maret 2015 22:30
Source: Koenigsegg
Editor : Albert

Otosia.com - Pabrikan mobil super - Koenigsegg - asal Swedia ini baru saja memperkenalkan produk terbarunya yakni Regera. Kesuksesan pabrikan ini terbukti dengan mencatatkan rekor sebagai mobil tercepat dari salah satu produknya.

Koenigsegg Regerasaat ini sedang menjalani debut pertamanya di ajang pameran otomotif di Jenewa yang berlangsung 3-15 Maret 2015.

Beberapa fakta tentang Regera cukup mencengangkan di perkembangan dunia otomotif terkini. Mobil super ini sedianya baru bisa dikendarai oleh para pembelinya pada tahun depan.

Tidak banyak Regera yang akan beredar di jalanan ke depannya. Pasalnya pabrikan hanya akan memproduksi dalam jumlah 80 unit saja. Hal ini ditegaskan oleh pihak internal untuk memperkuat karakter istimewanya Regera.

Harga, menurut berbagai media otomotif di luar negeri - Regera akan dibanderol dengan harga yang sangat fantastis. Koenigsegg Regera dihargai sekitar US$ 1.89 jutaan atau setara dengan Rp 24.7 miliaran, belum termasuk pajak - seperti dilansir Top Gear (3/3/2015).

Regera memadukan antara mesin berbahan bakar dengan motor listrik. Namun demikian pihak Koenigsegg tidak mau Regera-nya ini sebagai mobil hybrid. Hal ini lantaran Regera memiliki 'racikan rahasia' yang membuatnya 'berbeda' dengan kebanyakan mobil hybrid yang ada di pasaran.

Regera dibekali mesin berbahan bakar dengan kubikasi 5.0 liter, DOHC twin turbo V8 yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 1.100 hp dan torsi puncak mencapai 1.250 Nm.

Sedangkan motor listriknya menganut baterai berdaya 620 V dengan kapasitas 9,27 kWh. Motor listrik ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 700 Hp dengan torsi puncak 900 Nm.

Ketika dua model jantung pacunya tersebut digunakan secara bersamaan, Regera bisa mencapai puncak 'keberingasannya'. Dua sumber tenaga ini jika digabungkan mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.500 Hp dengan torsi lebih dari 2.000 NM serta 1,11 MW.

Mengenai besaran bobot, Regera yang menggunakan konstruksi rangka berbahan serat karbon dengan cangkan aluminium terbilang masih ideal. Dalam kondisi berat kotor Regera berbobot 1.628 kg.

Regera sudah menggunakan teknologi transmisi yang terbaru yakni Direct Drive yang disebut sebagai Koenigsegg Direct Drive Transmission (KDD). Teknologi yang memungkinkan tidak terbuangnya tenaga di sektor transmisi ini merupakan hasil kreasi dari Christian von Koenigsegg dengan timnya.

Koenigsegg mengklaim bahwa Regera mampu meraih kecepatan dari 0-100 km/h hanya dalam waktu sekitar 2.8 detik saja. Dengan catatan waktu itu bukan tidak mungkin Koenigsegg akan berhasil membukukan rekor mobil tercepat selanjutnya.

(kpl/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami