Enggak Sampai Semenit, Pencuri Bawa Kabur Tesla Model S

Mobil dengan sistem keyless entry disebut rentan dicuri, bahkan hal itu ada penelitiannya. Pencuri disebut bisa membawa kabur mobil dalam hitungan detik saja.

Jum'at, 23 Agustus 2019 17:15
Enggak Sampai Semenit, Pencuri Bawa Kabur Tesla Model S Pencuri Tesla Model S (Autoevolution)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Sebuah penelitan baru-baru ini mengungkap bahwa mencuri mobil dengan keyless entry tak butuh waktu lama. Bahkan hanya butuh waktu di bawah 30 detik.

Penelitian itu terbukti ketika seorang pemilik Tesla Model S kehilangan mobilnya dalam waktu sekejap. Melansir Autoevolution, sebuah rekaman dari kamera di pintu rumah menunjukkan pencurian pada 21 Agustus 2019 lalu, di London, Inggris.

Pencuri dengan tambahan relay device bisa sangat mudah membuka kunci mobil. Salah satu laki-laki terlihat masuk ke dalam halaman rumah, sambil memegang sesuatu di tangannya. Dia lalu mencari sinyal dari keyfob, yang berada di dalam rumah.

1 dari 2 Halaman

Dijual Bebas

Dijual Bebas

Begitu mendapatkan sinyal, lampu mobil menyala yang berarti kunci pintu mobil terbuka. Dengan santai si pencuri itu masuk ke dalam mobil dan pergi. Semua yang dilakukan oleh para pencuri itu hanya butuh waktu kurang dari 30 detik.

Kabar buruk lainnya adalah bahwa Tesla Model S yang dicuri itu adalah mobil pengganti. Sedangkan mobil asli pemilik sedang diperbaiki.

Perangkat relay sendiri sayangnya dijual bebas di Inggris. Hal itu disebut mendongkrak angka pencurian mobil keyless. Setidaknya ada 89.000 mobil dicuri di Inggris dan Wales tahun lalu. Di beberapa wilayah, seperti West Midlands, angka pencurian mobil naik hingga 80 persen.

2 dari 2 Halaman

Cara Menyimpan Keyfob

Cara Menyimpan Keyfob

Kini yang perlu dilakukan adalah para pemilik mobil keyless perlu semakin meningkatkan kewaspadaannya. Cara paling mudah dan murah adalah bungkus keyfob dengan aluminium foil atau simpan kunci mobil keyless itu di dalam boks untuk menghalangi sinyal. Seperti menyimpan dalam kaleng bekas soda.

Jika sedang berada di luar ruangan, perhatikan cara menyimpan. Selalu bungkus keyfob dengan aluminium foil sebelum menyimpan di saku atau di tas.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami