Ekspresi Lucu Andrea Dovizioso Coba Airbag pada Bajunya

Baju para pembalap MotoGP dibekali dengan airbag. Alat keselamatan itu akan mengembang saat kecelakaan. Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso menunjukkan bagaimana airbag tersebut mengembang melalui media sosialnya.

Jum'at, 04 Oktober 2019 16:15
Ekspresi Lucu Andrea Dovizioso Coba Airbag pada Bajunya Andrea Dovizioso (Twitter/AndreaDovizioso)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Sistem keselamatan para pembalap MotoGP juga dibekali dengan airbag. Bedanya, kantong udara itu disematkan pada baju balap mereka.

Airbag tersebut akan mengembang ketika kecelakaan terjadi. Tentu, airbag memiliki peran penting untuk menjamin keselamatan para pembalap.

Video yang diunggah pembalap Ducati, Andrea Dovizioso melalui akun Twitternya (@AndreaDovizioso) pada bulan Mei lalu, cukup menghibur. Pembalap asal Italia itu menunjukkan bagaimana airbag pada baju balapnya mengembang.

1 dari 3 Halaman

Tertawa karena Airbag

Tertawa karena Airbag

Menariknya, Dovi menunjukkannya bukan saat sedang mengalami benturan ketika balapan. "Menguji airbag kulit di luar lintasan," tulis Dovi.

Dalam video itu, Dovi terlihat cukup kaget ketika airbag tersebut mengembang. Ekspresi kagetnya pun lucu, hingga dia tertawa lepas setelah merasakan airbag yang mengembang. Bahkan pengikutinya ada yang membuatkan versi slow-motion sehingga terlihat jelas bagaimana ekspresi lucu Dovi saat kaget. 

Sayangnya saat MotoGP seri Inggris di sirkuit Silverstone Agustus lalu, Dovi kecelakaan dan sempat hilang ingatan. Kala itu, Dovi mengalami gegar otak dan cedera kepala. Setelah dilarikan ke rumah sakit, Dovi dipulangkan di hari yang sama untuk pemulihan di rumah.

2 dari 3 Halaman

Video

Video

 

3 dari 3 Halaman

Cerita Hilang Ingatan Dovi

Cerita Hilang Ingatan Dovi

Kecelakaan di awal balapan yang dialami pembalap Ducati, Andrea Dovizioso saat MotoGP 2019 seri Inggris, membuatnya sempat hilang ingatan. Saat itu dia menabrakan motor pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo yang jatuh di tikungan pertama.

Melansir Crash, Dovi mengatakan bahwa ingatannya kembali dalam waktu yang cepat. Hanya saja dia tidak ingat penyebab dia kecekalaan di tikungan pertama yang membuatnya kesal.

"Saya ingat semuanya, setelah 40 menit. Saya lupa bagaimana saya jatuh. Saat saya tanya ke Tardozzi (manajer tim Ducati), dia menjelaskannya lagi kepada saya. Lalu saya menyadari itu bukan kesalahan saya, sehingga saya menjadi sangat marah," katanya.

Dovi menjelaskan, saat itu semua pembalap menggunakan hard belakang di kanan, sehingga tidak siap. Pasalnya, semua pembalap memakai ban baru di grid. Dia juga merasa ban miliknya tidak 100 persen siap.

"Jika di tikungan pertama sangat agresif, maka bisa kehilangan bagian belakang, dan Quartarao menutup throttle lalu mendapatkan highside, tetapi saya terlalu dekat shingga tidak bisa melakukan apa-apa," jelas Dovi.

Setelah kecelakaan itu terjadi, Dovi memang langsung mendapatkan penanganan dan dilarikan ke rumah sakit. Dia mengalami gegar otak dan cedera kepala. Tapi dipulangkan pada hari yang sama untuk pemulihan di rumah.

Kini setelah dipastikan semuanya baik-baik saja, Dovi sudah siap balapan lagi pada MotoGP 2019 seri Italia, di sirkuit Misano.

"Saya merasa baik dan saya senang, saya merasa 100 persen. Saya melakukan beberapa kali latihan motorcross untuk memastikan apakah semuanya bekerja dengan baik," lanjutnya.

Balapan di Misano ini dianggap penting bagi Dovi. Sebab, musim lalu kompetisi di Misano adalah balapan khusus.

"Saya berharap akhir pekan ini berbeda dengan tahun lalu, karena para pesaing sangat kuat," tambahnya.

Meski saat tes banyak pembalap memiliki kecepatan yang sangat baik, tapi bagi Dovi, balapan akhir pekan selalu berbeda. Sebab kondisinya bisa berbeda, sehingga mereka harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

"Kami harus melihat cengkeraman yang bisa kami temukan, karena pada tes itu berebda dari tahun lalu. Sehingga kami akan melihat apakah itu akan sama dengan tes atau berbeda karena itu berpengaruh untuk setiap sepeda," tandasnya.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami