Notice: Undefined variable: extra_css in /data/otosia/m/application/m/view/template/header.php on line 375

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /data/otosia/m/application/m/view/template/header.php on line 375

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /data/otosia/m/application/m/view/template/header.php on line 379

Ekonomi Buruk, Penjualan Otomotif Astra Anjlok 21 Persen

Astra International mencatat penjualan mobil melemah 21 persen dan penjualan motor menurun 19 persen.

Jum'at, 31 Juli 2015 17:15
Ilustrasi Penjualan Astra (foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - PT Astra Internasional Tbk melaporkan laba bersih perusahaan per saham turun 18 persen menjadi 199. Penurunan kontribusi dari semua segmen bisnis, termasuk otomotif, kecuali segmen alat berat dan pertambangan.

Astra International mencatat penjualan mobil melemah 21 persen dan penjualan motor menurun 19 persen.

"Laba bersih Astra pada semester pertama menurun, seiring dengan berkurangnya konsumsi domestik, kompetisi di sektor mobil dan melemahnya harga komoditas di Indonesia. Di tengah pemulihan ekonomi yang belum pasti, bisnis kami siap menangkap peluang saat momentum pemulihan terjadi dan tetap solid didukung oleh neraca keuangan yang kuat," kata Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, kemarin (30/7).

Menurut Prijono, laba bersih dari segmen otomotif menurun sebesar 15 persen menjadi Rp 3,4 triliun.

Secara keseluruhan, lemahnya permintaan selama semester pertama disebabkan oleh lambatnya pertumbuhan ekonomi dan sedikitnya jumlah produk baru yang diluncurkan.

Selain itu persaingan diskon pada pasar mobil yang disebabkan oleh kelebihan kapasitas produksi berdampak negatif terhadap laba bersih segmen usah ini. Bisnis komponen otomotif juga memberikan kontribusi yang rendah karena depresiasi nilai tukar rupiah.

Penjualan mobil secara nasional menurun sebesar 18 persen menjadi 525.000 unit. Penjualan mobil Astra turun sebesar 21 persen menjadi 263.000 unit, sehingga mengakibatkan penurunan pangsa pasar dari 52 persen menjadi 50 persen selama semester pertama 2015. Astra telah meluncurkan 9 model baru dan 5 model facelift pada paruh pertama tahun ini.

Penjualan sepeda motor nasional mengalami penurunan sebesar 24 persen menjadi 3,2 juta unit. Penjualan sepeda motor dari PT Astra Honda Motor (AHM) juga mengalami penurunan sebesar 19 persen menjadi 2,1 juta unit, namun pangsa pasar meningkat menjadi 67 persen. Selama semester pertama tahun 2015, AHM telah meluncurkan 8 model baru dan 3 model facelift.

PT Astra Otoparts Tbk (AOP), grup manufaktur komponen otomotif, mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 67 persen menjadi Rp 152 miliar, yang disebabkan oleh menurunnya volume dan depresiasi rupiah yang berimbas terhadap penurunan margin manufaktur.

Ragam Berita Menarik Lainnya

(kpl/nzr/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami