Dump Truck Sempat Sulit Dapat Kredit

Pembelian unit dump truck sempat terhambat akan metode pembayaran secara kredit.

Senin, 13 Februari 2017 20:45
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas
Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Pembelian kendaraan niaga dump truck beberapa waktu lalu dikabarkan sempat sulit dibeli secara kredit.

Lembaga-lembaga pembiayaan disebut melakukan penghentian layanan untuk kendaraan jenis ini. Hal ini pun berefek pada penjualan truk tersebut.

Kondisi ini disampaikan Duljatmono, Director of MFTBC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Ia memaparkan, permintaan kendaraan niaga secara keseluruhan turun sekitar 12,4%, begitupun dengan permintaan Mitsubishi Fuso yang turun hingga 14,3%.

"Kelas komersial ini kan bisa dibilang sembilan puluh lima persen pakai kredit ya. Jadi kalau sistemnya tidak support ya bisnisnya terganggu," ujarnya.

Persaingan usaha dan salah duga terhadap ekspektasi membuat penjualan truk di Indonesia menurun.

Di tengah para pemegang merek yang menawarkan truk untuk kebutuhan bisnis serupa, sektor infrastruktur yang sebelumnya diduga tumbuh pesat ternyata tidak sesuai harapan.

"Mereka (leasing) agak hati-hati terutama untuk sektor konstruksi, dalam hal ini penambangan. Penambangan ini material penambangan pasir. Kalau di sini, kendaraannya dump truck. Beberapa waktu lalu leasing bisa dibilang stop, tidak biayai untuk dump truck," ujar Duljatmono.

Namun, pihaknya yakin bahwa pertumbuhan ke depan bisa diraih hingga 10 persen. Menurut pengamatannya, pihak lembaga pembiayaan pun kini sudah mulai berani memberikan layanan cicilan pada dump truck.

"Beberapa waktu kemudian mereka mulai support tetapi sangat-sangat hati-hati. Kalau infrastruktur seret, ya truk-nya juga seret."

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/why/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami