Dulu Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang, Sekarang?

Zaman dulu memasang radio pada mobil bisa ditilang dengan alasan menggangu konsentrasi. Tapi kini mobil modern bahkan tak sekadar bisa dihibur audio, tapi juga visual.

Selasa, 11 Juni 2019 12:15
Dulu Pasang Radio di Mobil Bisa Ditilang, Sekarang? Ilustrasi radio mobil zaman dulu (webeautos.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Sebelum teknologi secanggih saat ini, sistem hiburan di mobil tentu belum secanggih dan seberagam saat ini. Pemasangan radio pun sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Tapi jika pemilik ketahuan memasang radio pada mobil, pemilik akan ditilang. saat itu, pada 1930-an, di massachussets dan St. Louis, Amerika Serikat (AS), otoritas terkait melarang orang yang berkendara memasang dan menyalakan radio. Alasannya, itu akan mengganggu konsentrasi sehingga rentan celaka.

"Musik juga dianggap bisa membuat pengendara tertidur," ujar Michael Lamm, ahli sejarah otomotif, dikutip dari mentalfloss.com, melalui Liputan6.com.

Aturan ini bahkan disetujui oleh komunitas otomotif setempat, Auto Club of New York. Tahun 1934, diadakan jajak pendapat tentang ini. Hasilnya, 56 persen dari mereka menganggap radio sebagai 'gangguan yang berbahaya'.

 

 

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami