Dulunya Dihargai Mahal, Kini Sederet Mobil Mewah Ini Teronggok Bak Besi Tua

Harga masing-masing pun bisa saja bikin ngilu, karena pada masa kejayaannya mobil-mobil itu memiliki harga fantastis.

Senin, 05 Juli 2021 20:15
Dulunya Dihargai Mahal, Kini Sederet Mobil Mewah Ini Teronggok Bak Besi Tua Mobil terlantar (Instagram/@abandonedcarsindonesia)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Setiap mobil pasti punya nilai sejarah tersendiri bagi para pemilknya. Namun, pasti ada masanya si pemilik memutuskan untuk meninggalkan kendaraan mereka. Banyak yang dijual, diberikan ke orang lain, atau yang paling pilu, dilantarkan begitu saja.

Pemandangan penuh haru ini diungkap oleh akun Instagram @abandonedcarsindonesia. Akun tersebut sudah membagikan ratusan lebih foto-foto mobil terlantar. Kondisinya pun beraneka ragam, ada yang masih utuh dan banyak juga yang kondisinya memperihatinkan.

Harga masing-masing pun bisa saja bikin ngilu, karena pada masa kejayaannya mobil-mobil itu memiliki harga fantastis. Berikut lima mobil mewah yang sangat disayangkan ditelantarkan oleh pemiliknya dan hanya tinggal onggokan besi tua.

 

 

1 dari 5 Halaman

Land Rover Range Rover

Range Rover L322 dengan suspensi depan ambles

Nama Range Rover tetap menjadi pilihan yang paling menggiurkan dari sekian unit yang ditawarkan oleh pabrikan Land Rover. Sejak diperkenalkan tahun 1969 silam, Sport Utility Vehicle (SUV) ini kerap jadi dipakai oleh selebriti kondang hingga tokoh-tokoh negara.

Orang-orang terkenal seperti Justin Bieber, Paris Hilton, Winston Churchill, Ratu Elizabeth II dan masih banyak lagi kedapatan pernah memelihara kendaraan asal Inggris ini sebagai mobil kesehariannya.

Tapi seperti yang terjadi di Indonesia. Sebuah Range Rover generasi ketiga (L322) dibiarkan mangkrak di sebuah parkiran Mall Kasablanka. Menurut keterangan dalam postingan @abandonedcarsindonesia, mobil tersebut telah berdiam di sana sejak tahun 2015. Indikasinya jelas sekali, seperti suspensi depan turun, meskipun bodi bongsornya masih terlihat anggun.

2 dari 5 Halaman

Cadillac Escalade

SUV mewah asal Amerika Serikat, kini berdiam di Tegal.

Nama Cadillac di Indonesia selalu identik dengan mobil mewah berkelas asal Amerika Serikat. Sama seperti Range Rover, Cadillac juga banyak dipakai para pejabat negara sekaligus selebriti yang doyan dengan mobil-mobil mewah nan nyaman.

Melansir Autoweek, Jumat (2/7/2021), Rapper seperti Jay-Z, Big Tymers dan Da Brat pernah menggunakan Cadillac Escalade dalam video musik mereka. Alhasil penjualan mobil ini naik 84% pada tujuh bulan pertama jelang masa penjualannya.

Dari foto di atas, SUV gagah itu terlihat tak lagi punya 'kehidupan'. @abandonedcarsindonesia menuliskan setidaknya telah terlantar lebih dari satu tahun dan kini berdiam di Tegal, Jawa Tengah.

Cat bodi mobil telah memudar, ditambah tonjolan besar bagian belakang dan penutup plastik pada bagian kaca pun tidak lagi terlihat indah. Ada kemungkinan mobil ini mengalami kecelakaan sebelum ditinggalkan.

3 dari 5 Halaman

Jaguar XKR

Sports car cantik, ditinggal pemilik

Peluncuran XK pada tahun 1996 berperan sebagai penerus mobil sports dua pintu Jaguar XJS. Pembaruan tersebut menghasilkan bodi yang kian luxury dan jantung pacu terbaru. Berkode AJ, mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 290hp.

Nah, ada satu varian XK yang punya performa jauh lebih tinggi dan disebut dengan XKR. Tenaganya tembus sampai 370hp dan torsi 525Nm berikut tambahan supercharger.

Ketangguhan dan kecantikan tampilannya rupanya kali ini dibiarkan luntur begitu saja oleh pemiliknya, seperti pada foto di atas.

Dilihat sekilas, mobil itu nampak baik-baik saja. Tidak ada kaca retak, bumper penyok, atau pun lampu pecah. Pemilik akun sayangnya tidak mengetahui berapa lama mobil tersebut sudah mangkrak di parkiran Plaza Shinta Cimone.

4 dari 5 Halaman

Mercedes-Benz 400SEL

Mobil termahal Mercedes-Benz digunakan untuk menjemur

Menyebut 'Mercedes-Benz' lawas mau pun baru, pastinya kental dengan kesan mewah dan ketangguhan mesin asal Jerman. Pemikiran tersebut tidak salah, karena Mercedes-Benz terkenal sebagai produsen sedan mahal di Indonesia.

Dari semua tipe yang tersedia di showroom Mercy, S-Class duduk di strata tertinggi. Tak heran S-Class banyak dipilih para banyak pejabat negara hingga Presiden, serta mereka yang berduit tebal.

Contoh saja, mobil Presiden Tanah Air hingga kini masih menggunakan Mercedes Benz S-Class. Ada juga Presiden India Ram Nath Kovind yang juga menggunakan S-Class untuk mobilitas sehari-hari.

Oleh sebab itu, hati siapa yang tidak akan perih apabila mobil ini ditelantarkan begitu saja. Walau bukan model terbaru, varian ini tergolong spesial. Mercedes-Benz tidak pernah menawarkan tipe S400 di Indonesia pada generasi ketiga (W140) mereka. Tapi versi ini nyatanya tetap ada dan justru dibiarkan tak 'bernyawa'.

Jika melirik pada foto-foto yang tersedia, mobil yang dulu penuh wibawa kini menjadi tempat menjemur sepatu. Di sebelah pintu pengemudi pun jadi tempat jemuran yang sudah tidak dirawat sejak pemberhentiannya di Batam.

5 dari 5 Halaman

Audi TT

Audi TT penuh debu

Bentuk bodi Audi TT ini bukan main-main. Dijuluki mobil dengan desain futuristis pada zamannya, mobil sports kepunyaan Audi ini bisa dikategorikan sebagai kendaraan ikonik.

Melansir formtrends, Jumat (2/7/2021) pada saat diluncurkan pada tahun 1998, banyak yang memuji bentuk keseluruhan TT karena terkesan inofatif dan revolusioner.

Konsepnya yang membulat dan bumper yang menyatu dengan bodi, membuatnya terlihat kompak tapi mewah. Tak lupa fender samping sedikit menonjol memberi penegasan yang gampang dikenali Ketika melaju di jalanan.

Namun kemewahan itu tak terasa hilang ketika melihat mobil ini. Audi TT ini kini berselimut debu, dari atap hingga bumper bawah. Menurut pengirim foto, mobil itu terakhir digunakan pada tahun 2009 karena diduga telah menganggur selama 11 tahun. Lokasi terakhirnya berada di Kembangan, Jakarta Barat.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami