Ducati 1198 SP Kustom, Garangnya Sang 'Matador Racer'

Rumah modifikasi Radical Ducati (RAD) senantiasa eksis dengan hasil karya motor kustom yang inspiratif. Salah satunya karya spektakulernya yakni ubahan Ducati 1198 SP menjadi 'Matador Racer'.

Selasa, 02 September 2014 20:00
Kustom Ducati 1198 SP (Source: Radical Ducati via Returnofcaferacers)
Editor : Albert

Otosia.com - Rumah modifikasi luar negeri yang menamakan dirinya Radical Ducati (RAD) senantiasa eksis dengan hasil karya motor kustom yang inspiratif. Salah satunya karya spektakulernya yakni ubahan Ducati 1198 SP menjadi 'Matador Racer'.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sosok asli Ducati ini adalah jenis moge full-fairing. Namun berkat tangan dingin (RAD), akhirnya berubah wujud menjadi sosok cafe racer dengan konsep yang senada dengan streetfighter yang garang.

RAD memulai pengerjaan dengan menanggalkan semua 'jubahnya'. Meskipun mengusung konsep naked-bike dengan aroma cafe racer, RAD tetap mengedepankan aspek performa dahsyat si Ducati ini.

Lanjut ke sektor sasis, subframe (rear) tergantikan oleh part kustom karya RAD - selain untuk menemukan bentuk baru, rangka kustom ini juga didesain untuk mengoptimalkan riding performance-nya.

Untuk sasis utama, swingarm dan juga subframe semuanya digantikan oleh part kustom karya RAD dengan bahan yang lebih ringan namun tidak kalah kuat dengan part bawaan pabrikan yakni leightweight alloy.

Moge dengan bobot semula (keluaran pabrikan) 168 kg ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 170 hp. Selain 'mengobok-obok' sektor blok silinder, RAD juga membekalinya dengan beberapa part pendukung beraroma race spec.

Di antaranya, radiator racing, kopling 'anti-hooping', air-box dari bahan carbon, sistem knalpot merk Super Mario 2-into-1 dengan desain muffler 'tail fish' megaphone kustom dari RAD. Beberapa perubahan ini mampu menambah daya 'ledak' tenaganya.

Sektor kaki - fork depan menggunakan part up-side down merk Ohlins, triple clamps dari Ergal, stand berjenis clip on. Untuk rem, part Brembo mengisi component kalipernya dengan rotor dari Discacciati 4-pot (piston) guna mencengkeram piringan cakram berdiameter 200mm. Serta part pedal rem dan transmisi dari pabrikan Rizoma. Velg pun mengadopsi bahan leightweight alloy 'racikan' ITX serta sentuhan akhir fender berbahan carbon kustom dari RAD.

Komponen berbahan ringan tidak hanya sebatas itu saja ternyata, tangki kustom RAD pun tidak lepas dari fokus program 'pengurusan' - terbuat dari bahan leightweight aluminium. Part under-cowl dan dudukan jok 'Corsa Evo' pun lagi-lagi tidak lepas dari bahan baku yang ringan, sektor ini terbuat dari serat karbon karya RAD.

Dengan upaya 'pengurusan' yang dilakukan RAD pada Ducati 1198 SP 'Matador Racer' akhirnya mampu memangkas bobotnya menjadi 138 kg atau berhasil turun berat badan 30 kg. Sehingga sudah bisa dipastikan tenaga 170 hp si Matador ini mampu digeber lebih maksimal lagi.

Bagaimana Bro, cukup menginspirasi bukan buat proyek modifikasimu? Salam "viva la custom bike!".

CLASSIC CUSTOM BIKES - CAFE RACER

(kpl/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami