Dua Pekan Lagi, Tarif Ojek Online di Daerah Selain Jakarta Alami Penyesuaian

Beberapa daerah di Indonesia akan segera mengalami penyesuaian tarif ojek online (ojol) dua pekan lagi.

Selasa, 21 Januari 2020 09:15
Dua Pekan Lagi, Tarif Ojek Online di Daerah Selain Jakarta Alami Penyesuaian Penyesuaian tarif ojek online (Liputan6.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Tarif ojek online (ojol) akan mengalami penyesuaian dua pekan lagi. Penyesuaian tersebut berlaku untuk daerah selain Jabodetabek.

"Mungkin akan kita lihat dalam dua minggu ke depan, ya kalau mau adil ya sekitar satu bulan," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, disitar dari Antara.

Sementara itu menurut Ketua Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono, penyesuaian besaran tarif akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah. "Artinya, di daerah tidak merasa tarif ketinggian atau kerendahan. jadi memberikan kesempatan kepada teman-teman di daerah memiliki tarif sendiri," katanya kepada Merdeka.com, Senin (20/1/2020).

 

 

 

1 dari 3 Halaman

Penyesuaian tahap pertama akan dilakukan di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Penyesuain tarif masing-masing daerah akan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 348 tentang pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

"Untuk daerah nanti ada perbedaan mungkin ya. Karena sesuai dengan kondisi pendapatan masyarakat di daerah," tambahnya.

2 dari 3 Halaman

Terkait dengan realisasi penyesuaian tarif, pihaknya tidak memberikan batas waktu tertentu kepada Kementerian Perhubungan. Terlebih, kesiapan ini bukan hanya berada di pusat saja melainkan ada di pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah juga harus siap untuk mengkaji bersama teman-teman daerah maupun mengkaji pertama aplikator di daerah. Jadi kita tidak memberikan deadline kapan tidak. Kesiapan dari daerah saja," jelas dia.

3 dari 3 Halaman

Seperti diketahui, tarif ojol untuk Zona I (Sumatra, Jawa, Bali kecuali Jabodetabek) Rp 1.850 - Rp 2.300 per km dengan biaya minimal Rp 7.000 - Rp 10.000. Sedangkan Zona II (Jabodetabek) mulai Rp 2.000 - Rp 2.500 per km dengan biaya minimal Rp 8.000 - Rp 10.000. Kemudian untuk Zona III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya) mulai Rp 2.100 - Rp 2.600 dengan biaya minimal Rp 7.000 - Rp 10.000.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami