Dua Bahan yang Bisa Cegah Munculnya Embun pada Kaca Mobil Tanpa Defogger

Solusi menghilangkan embun pada kaca mobil bisa dilakukan dengan beberapa cara, selain menggunakan defogger.

Selasa, 14 Januari 2020 16:15
Dua Bahan yang Bisa Cegah Munculnya Embun pada Kaca Mobil Tanpa Defogger Kaca mobil berembun (Ilustrasi/carsguide.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Mobil-mobil kekinian biasanya dilengkapi dengan defogger. Fitur yang berupa garis-garis horizontal atau melengkung pada kaca itu fungsinya bisa menghilangkan embun saat hujan.

Tapi bagaimana jika tak dilengkapi dengan defogger? Embun pada kaca mobil muncul ketika terjadi perbedaan kelembaban dan suhu. Cara mudah mengatasinya biasanya dengan menyalakan AC.

Rupanya, ada bahan lain selain fitur bawaan mobil itu untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Menurut laman Auto2000, bahan itu adalah sampo rambut dan tembakau.

1 dari 3 Halaman

Kandungan dalam sampo rambut bisa mencegah terbentuknya embun karena kelembaban di sekitar kaca terjaga. Caranya, oleskan sampo pada bagian dalam kaca mobil. Lalu lap kaca pakai lap sintetis yang sedikit lembab dengan arah lurus menyamping dan searah agar kaca tidak buram.

Setelahnya, jika hujan sudah reda dan cuaca kembali cerah segera bersihkan kaca mobil yang sudah diolesi sampo rambut memakai lap.

2 dari 3 Halaman

Bahan lainnya yakni tembakau. Kandungan nikotin pada tembakau dipercaya bisa menyerap uap air dan mencegah kaca mobil berembun saat suhuh menjadi sangat dingin atau hujan.

Caranya sama, oleskan tembakau rokok itu pada kaca. Tapi hati-hati ya saat mengoleskan, agar kaca mobil tidak tergores oleh potongan cengkeh yang terdapat pada rokok. Oleskan secara halus dan pelan.

 

3 dari 3 Halaman

Selain itu untuk pencegahan lainnya, Otolovers bisa memperhatikan mulai dari tempat parkir. Seperti hindari tempat parkir yang terlalu terik. Buka kaca sebentar jika terpaksa parkir di tempat terik sebelum mulai melajukannya.

Perhatikan juga cara membersihkan kaca mobil. Jangan memakai lap basah untuk membersihkan kaca bagian dalam. Jika terlanjur, setelah mencuci mobil buka semua kaca hingga udara di kabi benar-benar kering.

(kpl/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami