Dua Alasan Kenapa Pantang Setel-Setel Karbu

Mereka yang terpincut ingin hemat BBM atau bikin motor lari kencang biasanya akan pilih oprek-oprek karbu. Memang, kebutuhan itu mungkin akan terpenuhi, tetapi sejatinya ada persoalan yang tersisa di belakangnya.

Jum'at, 30 November 2018 20:30
Ilustrasi mengganti karburator sepeda motor (Youtube)
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mereka yang terpincut ingin hemat BBM atau bikin motor lari kencang biasanya akan pilih oprek-oprek karbu. Memang, kebutuhan itu mungkin akan terpenuhi, tetapi sejatinya ada persoalan yang tersisa di belakangnya.

Asisten Trainer di Technical Training PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W, Dadan Danil mengatakan kalau fenomena semacam ini sudah sering terjadi di Indonesia.

"Orang Indonesia suka enggak mau dikasih standar. Dulu misalnya karburator. Seharusnya 1.400 rpm maunya 1.100 rpm. Mekanik kadang kalau sudah terlalu sering diminta ya akhirnya ikut kemauan konsumen," kata dia.

Setelannya misalnya, dibilang ketinggian, padahal menurut Dadan setelan tersebut sudah sesuai standar. Padahal, putaran mesin salah satunya berpengaruh pada pompa oli.

"Kalau rpm terlalu rendah, itu kan berpengaruh sama putaran pompa. Kalau putaran standar yang tinggi, otomatis semburan oli makin tinggi dan artinya makin bagus. Tujuannya memang ke sana, supaya perputaran oli bagus," kata dia terkait putaran tinggi di mesin-mesin motor Suzuki.

Namun jika setelan putaran mesin dibuat lebih tinggi dari yang seharusnya gara-gara ingin motor layaknya tunggangan racing, ini juga mesti jadi pantangan.

"Kalau di racing, itu yang mesti diperhatikan adalah masa pakainya tidak panjang. Mesin motornya bisa hanya untuk dipakai beberapa kali race atau malah cuma sekali doang. Sementara yang harian kan dipakai untuk jangka panjang," kata dia.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami