Dolar Ngamuk, Harga BBM Non-Subsidi Boleh Naik

Melemahnya rupiah memang bisa berimbas bagi beberapa bidang. Termasuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Jum'at, 07 September 2018 20:15
Foto by Liputan6.com
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Melemahnya rupiah memang bisa berimbas bagi beberapa bidang. Termasuk harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Tapi pemerintah telah memastikan tak akan menaikkan harga BBM bersubsidi dalam waktu dekat. Namun demikian, lembaga penyalur diberikan kelonggaran untuk mengatur harga BBM nonsubsidi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah belum memiliki rencana untuk menaikkan harga BBM jenis Premium dan Solar subsidi dalam waktu dekat.

"Untuk biosolar atau gasoil 48 dan jenis bensin gasolin Ron 88 atau Premium sampai sekarang pemerintah belum memiliki rencana penyesuaian harga," kata Jonan, saat menghadiri The 6th IIGCE 2018, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (6/9/2018) seperti disitat dari Bisnis Liputan6.com.

Namun kebijakan tersebut tidak berlaku untuk BBM nonsubsidi. Menurut Jonan, badan usaha diberikan kewenangan untuk menyesuaikan harga BBM nonsubsidi sesuai dengan keekonomian.

"Kalau jenis bahan bakar umum seperti Shell, Pertamax, Pertamax Plus, Turbo itu kan market. Bebas aja. Mereka bisa sesuaikan harga," tutur Jonan.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi mengungkapkan, subsidi BBM jenis Solar yang digelontorkan pemerintah tahun ini ditambah Rp 1.500 per liter, dari sebelumnya Rp 500 per liter di 2017 menjadi Rp 2.000 per liter di 2018.

"Realisasi penyaluran solar pada semester I 2018 ini sebesar 7,2 kilo liter, dikalikan tambahan subsidi Rp 1.500 menjadi sekitar Rp 10,8 triliun," kata dia.

Menurutnya, angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan peningkatan penerimaan negara di Semester I yang tercatat Rp 28 triliun.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami