Diusir Warga Saat Razia di Kampung, Ini Penjelasan Polisi

Menurut @polantasindonesia, razia yang digelar di Grobogan itu sah dan legal.

Rabu, 13 Desember 2017 15:00
Viral Polisi Diusir Saat Razia di Kampung (Facebook)
Editor : Sidiq

Otosia.com - Razia yang dilakukan dua polisi di sebuah kampung di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah menjadi viral. Ya, dua polisi itu dinilai melakukan razia bukan di jalan besar, melainkan jalan kampung. Akibatnya, dua polisi itu pun diusir.

Akun Instagram resmi Polantas Indonesia, @polantasindonesia, langsung menanggapi insiden tersebut. Menurut @polantasindonesia, razia yang digelar di Grobogan itu sah dan legal.

"Mau dijalan kampung, mau dijalan komplek, mau digang sempitpun kalau ada yang namanya JALAN dan DIGUNAKAN SEBAGAI LALULINTAS UMUM, maka POLISI BERHAK MELAKUKAN PENINDAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN YANG TERJADI DISANA," tulis @polantasindonesia.

Penindakan di jalan kampung ini dinilai sudah seusai dengan aturan. "Dasar hukumnya UU NO 2 TAHUN 2002, UU NO 22 TAHUN 2009, PP NO 80 TAHUN 2012."

Polisi pun menjelaskan kronologi peristiwa tersebut. "Si pelanggar kabur dari razia dan melarikan diri masuk ke arah kampung, kemudian dikejar petugas dan tertangkap serta dilakukan penindakan dengan tilang di lokasi tersebut ??"

Menurut @polantasindonesia, tindakan warga itu justru bisa diproses hukum. "Kalau mau pakai logika dan dasar hukum, ini warga yang terekam di video bisa diperkarakan karena melawan petugas dan mengancam petugas."

Bagaimana pendapat Otolovers? Simak lagi videonya di bawah ini:

Tiba-tiba di kotak surat banyak yang ngetag video ini, mimin baca captionnya, ih serem-serem! Ada yang nulis polisi razia dikampung diusir warga, razia ilegal, dll 😂 Kalau mau pakai logika dan dasar hukum, ini warga yang terekam di video bisa diperkarakan karena melawan petugas dan mengancam petugas. . . Mau dijalan kampung, mau dijalan komplek, mau digang sempitpun kalau ada yang namanya JALAN dan DIGUNAKAN SEBAGAI LALULINTAS UMUM, maka POLISI BERHAK MELAKUKAN PENINDAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN YANG TERJADI DISANA. . . Dan kronologi yang terjadi dalam video ini adalah si pelanggar kabur dari razia dan melarikan diri masuk ke arah kampung, kemudian dikejar petugas dan tertangkap serta dilakukan penindakan dengan tilang di lokasi tersebut 😙 DASAR HUKUM: UU NO 2 TAHUN 2002 UU NO 22 TAHUN 2009 PP NO 80 TAHUN 2012

A post shared by POLISI LALU LINTAS INDONESIA (@polantasindonesia) on Dec 12, 2017 at 8:22pm PST

BERITA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN LAINNYA!

(kpl/ary)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami