Ditanya Nostalgia Vespa 2-Tak PX 150, Ini Kata Piaggio Indonesia

Vespa PX 150 bermesin dua langkah tersebut rupanya menimbulkan kerinduan bagi penggemar Vespa di Indonesia.

Rabu, 28 Maret 2018 12:15
Ditanya Nostalgia Vespa 2-Tak PX 150, Ini Kata Piaggio Indonesia Foto by Nazar Ray

Editor : Nurrohman Sidiq
Reporter : Nazar Ray

Otosia.com - Bagi penggemar Vespa memiliki sepeda motor berdesain klasik apalagi bermesin dua langkah adalah impian. Bahkan Pecinta Vespa atau kolektor tidak segan-segan mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk menebus Vespa ikonik yang melegenda.

Lewat PT Piaggio Indonesia, Vespa yang kesohor di tahun 1980-an, yakni PX 150 pernah dipasarkan pada tahun 2012 lalu. Peluncurannya bersamaan dengan pembukaan Pekan Raya Jakarta (PRJ), sekaligus dalam rangka perayaan ulang tahun Vespa ke-70.

Vespa PX 150 bermesin dua langkah tersebut rupanya menimbulkan kerinduan bagi penggemar Vespa di Indonesia. Sayang, Vespa klasik modern tersebut tidak lagi diboyong ke Indonesia, padahal secara regulasi sudah memenuhi EURO 3.

Keinginan PT Piaggio Indonesia untuk kembali menghadirkan nostalgia 80-an rupanya tidak mendapat restu Piaggio Italia. Meski permintaan cukup besar terhadap kolektor item ini PT Piaggio Indonesia terpaksa menuruti kebijakan prinsipalnya yang meminta Indonesia lebih fokus pada pasar produk reguler bermesin 4-tak.

"Permintaan memang ada (banyak), tapi takutnya terbentur masalah standar EURO, perijinan dan sebagainya . Kami fokus ke produk reguler yang masuk di pasar sini. Jadi agak susah (dijual) lagi," kata Edo Djanuarko Chandra, Sales and Network Director PT Piaggio Indonesia.

1 dari 1 Halaman

Vespa PX 150 Tetap Bisa Masuk?

Vespa PX 150 Tetap Bisa Masuk?

Keputusan tidak memasarkan lagi bukan bersifat mutlak. Boleh jadi ada kemungkinan PX 150 kembali dimunculkan jika Piaggio Italia memberi lampu hijau mengingat populasi penggemar motor bergaya klasik di Indonesia cukup besar.

“Bisa saja masuk lagi, tapi belum ada tanda-tanda ke arah sana. Karena kan jumlahnya juga tidak banyak,” terang Edo.

Pada tahun 2012 lalu New Vespa PX 150 dijual dalam unit terbatas. Ia tetap mengedepankan konsep yang bernuansa klasik tanpa meninggalkan ciri khas asli unsur Vespa PX Series yang memberikan memori tersendiri bagi pecintanya.

New Vespa PX 150 tetap mempertahankan kekuatannya sebagai sebuah produk yang klasik dan telah menjadi penentu keberhasilan produk ini sepanjang lebih dari tiga dekade, yaitu gaya yang sempurna, fungsional, mudah dikendarai, rangka baja kokoh yang telah melegenda, mesin kuat dengan sistem starter elektrik dan manual, serta dengan tidak lupa fitur pedal rem kaki.

Dalam jajaran produk Vespa, New Vespa PX 150 merupakan satu-satunya model yang menyuguhkan empat percepatan yang pada gagang kemudi. Ini seolah menjadi sebuah 'keharusan' bagi seorang pecinta Vespa sejati dengan tetap menghadirkan desain klasik dan menarik.

New Vespa PX 150 juga menawarkan kemungkinan pemasangan roda cadangan (baik sebagai fitur fungsional atau hanya karena kegemaran). Vespa ini dibekali dengan mesin 150 cc dengan pendingin cairan, mesin tersebut sendiri terbilang memiliki power mencapai 5,8 KW.

Saat itu New Vespa PX 150 menawarkan lima warna pilihan, yakni Mediterranean blue, Midnight blue, Montebianco (putih), Rosso Dragon (merah) dan Nero Lucido (hitam), dan dijual dengan harga Rp 59,9 juta OTR Jakarta.

(kpl/nzr/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami