Disiapkan Gantikan Rossi di MotoGP Eropa, Siapa Garrett Gerloff?

Nama Garret Gerloff mungkin tak asing bagi para pecinta WorldSBK, tapi tak terlalu familiar bagi sebagian orang. Garrett Gerloff kini disiapkan sebagai pembalap pengganti oleh Yamaha jika hasil tes PCR Valentino Rossi masih positif COVID-19.

Jum'at, 06 November 2020 12:15
Disiapkan Gantikan Rossi di MotoGP Eropa, Siapa Garrett Gerloff? Garrett Gerloff (Yamaha MotoGP)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Pengumuman Yamaha cukup mengejutkan saat menyebut nama pembalap lain untuk disiapkan menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Eropa, alih-alih mengumumkan nama Jorge Lorenzo. Yap, selama Valentino Rossi masih tak bisa mengikuti balapan karena COVID-19, Yamaha sudah menyiapkan Garrett Gerloff.

Nama Gerloff cukup asing di telinga sebagian orang, bahkan mungkin pecinta MotoGP. Tapi tidak asing bagi pecinta balap WorldSBK.

Tahun 2020 ini, Gerloff yang merupakan pembalap MotoAmerica Superbike bergabung dengan GRT Yamaha WorldSBK Junior Team. Sedangkan debut perdanya di MotoAmerica Supersport dia jalani pada 2015 lalu.

 

1 dari 3 Halaman

Saat debut, dia sudah mendapatkan hasil yang terbilang gemilang. Dua kali posisi terdepan, sepuluh kali podium dan dua kemenangan. Capaian itu membuat Gerloff berada di posisi ketiga kelasemen kejuaraan.

Tahun 2016, Gerloff mendapatkan hasil yang lebih baik. Dia finish ketiga, enam kali kemenangan dan naik podium di semua seri kecuali sekali sat balapan untuk memenangkan Kejuaraan Supersport MotoAmerica pertamanya.

Tahun 2017, Gerloff berhasil mempertahankan gelar Supersport, mendapatkan gelar untuk tahun kedua berturut-turut dengan Monster energy Yamalube Y.E.S. Graves Yamaha R6 dan mendapatkan delapan posisi pole dan 17 podium yang termasuk sebelas kemenangan.

2 dari 3 Halaman

Pada tahun 2018, Gerloff lulus ke MotoAmerica Superbike untuk pertama kalinya bersama Tim Monster Energy Yamalube Yamaha Factory Racing. Dia semakin kuat untuk berada di podium sejak seri pembukaan. Dia juga mendapatkan total lima odium di musim rookie-nya.

Tahun 2019 menjadi tahun yang lebih kuat bagi Gerloff. di amenyelesaikan kejuaraan ayng diperebutkan dengan ketat di tempat ketiga, dengan 15 podium termasuk empat kemenangan. Pada 2020, Gerloff tetap bersama keluarga Yamaha.

Bergabung di Tim Junior GRT Yamaha WorldSBK untuk musim keduanya di Kejuaraan Dunia Superbike, dia disebut akan memberikan hasil mengesankan bersama R1.

3 dari 3 Halaman

Tahun 2020 juga mungkin akan menjadi sejarah baru baginya, karena kemungkinan akan merasakan M1 bersaing dengan pembalap-pembalap papan atas. Gerloff mengatakan sangat tersanjung bisa mendapatkan kesempatan balapan di kelas premier.

"Tahun ini sudah menjadi petualangan yang cukup, dan ini akan menjadi puncaknya. Ini adalah impian saya, mengendaria motor Yamaha YZR-M1 MotoGP sejak saya memulai balapan bertahun-tahun yang lalu, dan bisa mewujudkannya sangatlah menyenangkan. Tapi saya minta maaf untuk mendapatkan keempatan ini dalam keadaan ayng tidak menguntungkan bagi Valentino. Saya merasa sangat sedih untuk nya dan saya berharap dia segera pulih, kita semua kehilangan nomor 46 di trek! Semua yang terbaik untuknya," ungkap Gerloff seperti dirilis oleh Yamaha Racing.

Dia melanjutkan, jika dia akhirnya balapan untuk menggantikan Rossi, maka itu akan menjadi balapan terberat. Dia harus bisa beradaptasi dengan motor, ban, rem, dan lain-lain.

"Juga, saya belum pernah ke trek Valencia sebelumnya. Tapi saya percaya diri dan siap untuk tantangan! Terima kasih untuk semua di Yamaha. Ayo!" katanya.

(kpl/tys)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami