Dinantikan Kebangkitannya, Mungkinkah Suzuki Hayabusa Diluncurkan 5 Februari 2021?

Tak diproduksi lagi karena terkendala standar emisi, Suzuki Hayabusa dikabarkan segera diluncurkan

Senin, 25 Januari 2021 14:15
Dinantikan Kebangkitannya, Mungkinkah Suzuki Hayabusa Diluncurkan 5 Februari 2021? Suzuki Hayabusa (zingnews.vn)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Suzuki Hayabusa terpaksa dimatikan karena terkendala standar emisi gas buang. Meski begitu, motor gede (moge) ini terus dikembangkan generasi terbarunya. Beberapa teknologi terbaru terkait moge tersebut pun diketahui telah dipatenkan.

Kebangkitan dari sang legenda memang dinantikan. Apalagi Hayabusa merupakan motor komersil pertama yang mencapai kecepatan 321 km/jam. Lantas kapan peluncurannya? Berikut ulasan lengkapnya yang dilansir dari Zing.

1 dari 2 Halaman

Zingnews.vn

Suzuki akan menggelar pameran Suzuki Motorcycle Global Salon pada 5 Februari 2021 mendatang. Acara ini merupakan pameran online yang terintegrasi dengan teknologi virtual reality yang memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi booth secara virtual.

Diduga Suzuki Hayabusa merupakan salah satu model yang akan diluncurkan dalam pameran itu bersama GSX-R1000. Gambar model terbaru dari kedua motor tersebut bahkan sudah bocor sejak akhir 2019 lalu.

Selain itu, Hayabusa diduga akan dibekali sederet teknologi canggih, seperti sensor baru, rem ABS, hingga intelligent driving system.

2 dari 2 Halaman

Sebelumnya, Suzuki sudah mematenkan desain dari Hayabusa pada awal 2020 lalu. Mengutip Auto.ndtv.com, moge ini akan menggunakan konfigurasi mesin yang sama, yakni 4-silinder inline, akan tetapi kapasitasnya naik menjadi 1.440 cc.

Diprediksi performanya masih sama, yakni 171 hp dan torsi 139 Nm. Mesin ini jelas dipadukan dengan pembuangan baru yang membuat emisi gas buangnya semakin rendah. Untuk itu dilengkapi 2 catalytic-convertors di bagian bawah.

Kemudian gearbox Hayabusa akan berubah, dari manual 6-speed menjadi semi-automatic. Dengan ubahan yang dilakukan di bagian sasis dan sisi-sisi lainnya, bobot motor ini tak jauh beda dengan generasi sebelumnya, sekitar 266 kg.

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami