Dilema Sopir Angkot, di Rumah Saja atau Lawan Corona di Jalanan

Viral sebuah video yang menunjukkan poster bertuliskan tak takut corona di belakang mobil angkot.

Rabu, 25 Maret 2020 17:15
Dilema Sopir Angkot, di Rumah Saja atau Lawan Corona di Jalanan Angkot bertuliskan tidak takut Corona (Instagram/dashcam_owner_indonesia)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Virus Corona bisa menjangkiti siapapun, walaupun orang tua di atas 50 tahun dan anak di bawah 10 tahun lebih rentan terinfeksi COVID-19. Tapi bukan tak mungkin orang dengan imunitas tinggi bisa terinfeksi atau menjadi carrier atau perantara penularan virus corona.

Maka itu, kini diterapkan physically distancing untuk memutus rantai penularan virus Corona. Semua warga, diminta untuk tetap tinggal di rumah. Kecuali dalam kondisi terdesak dan harus beraktivitas di luar rumah.

Hal ini tentu membuat beberapa pihak dilema, apakah harus tetap tinggal di rumah atau tidak. Seperti para pekerja yang tak memungkinkan untuk libur karena harus bekerja. Contohnya, driver ojol dan sopir angkot.

 

1 dari 3 Halaman

Baru-baru ini beredar video di media sosial yang menunjukkan angkot dengan poster bertuliskan 'Aku tidak takut corona, aku takut keluarga tidak makan'. Video tersebut diunggah melalui akun Instagram @dashcam_owners_indonesia.

Video tersebut lantas menuai komentar beragam. Ada yang memahami situasi yang dihadapi oleh sopir angkot tersebut.

"Serba salah sih....coba posisikan anda semua wahai netizen yg budiman sebagai dia, mungkin kondisinya akan sama. Tapi semua seharusnya kembali lagi kpd pemerintahnya...sudah tanggap atau belum dengan kondisi di masyarakatnya terutama masyarakat ekonomi bawah. Kalo kalian yg punya uang atau tabungan mungkin gk terlalu ngaruh toh pada akhirnya kalian akan butuh juga jasa ojol, delivery, kurir atau semacamnya cuma buat nganter kebutuhan kalian...ya khaaan??? Banyak berdoa sajalah supaya semua cobaan ini cepat berakhir...aamiiin," tulis @ariefdjoemahdin.

2 dari 3 Halaman

Tapi ada pula yang menilai tingkah si sopir justru tak bijak. Sebab, dia bisa saja justru 'menumbalkan' dirinya ke virus corona.

"Bukan masalah takut atau tidak takut, tapi semua orang harus sadar bahwa dirinya mampu berpartisipasi membuat Corona berhenti beredar di Indonesia dengan cara membatasi ke luar rumah kalau tidak ada perlunya," komentar @ketawalucuuu.

"Terus kalo udah kena dan meninggal.. Keluargamu jg bakal ga makan krn tulang punggungnya pergi untuk selamanya," tambah @rumah_dizfara.

Kondisi saat ini memang dilematis. Di sisi lain semua orang tetap butuh penghasilan untuk bisa terus bertahan hidup. Tapi di sisi lain mereka juga bertaruh nyawa dengan COVID-19.

3 dari 3 Halaman

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami