Diakui Mengancam Terios, Daihatsu Komentari Xpander Cross dan XL7

Kedatangan Xpander Cross dan XL7 akan mengancam volume penjualan Daihatsu Terios, Toyota Rush dan Honda BR-V yang lebih dulu melenggang

Kamis, 13 Februari 2020 13:15
Diakui Mengancam Terios, Daihatsu Komentari Xpander Cross dan XL7 Daihatsu Terios (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - MPV menjadi crossover, rupanya tengah mejadi tren di pasar otomotif Indonesia. Ceruk pasarnya boleh dibilang makin menggiurkan. Setelah Xpander Cross, segmen ini kedatangan pemain baru Suzuki Ertiga versi crossover atau XL7 yang dipastikan meluncur akhir pekan ini.

Kedatangan Xpander Cross dan XL7 membuat pertarungan di kelas ini semakin sengit. Pasar yang boleh dibilang kini makin padat pemain. Ibaratnya semua ingin berebut kue yang kian mengecil.

Kedatangan keduanya akan mengancam volume penjualan Daihatsu Terios, Toyota Rush dan Honda BR-V yang lebih dulu melenggang.

1 dari 4 Halaman

Daihatsu pun mengakui bahwa pasar Terios bisa tergerus. Xpander Cross dan XL7 berpotensi besar merecoki volume jualan Terios.

“(Pengaruh penjualan) pasti ada. Saya yakin, pasar kuenya kan sekarang mengecil karena pasarnya, atau istilahnya kondisinya tidak berkembang, apalagi ada virus corona bisnis jadi melesu, pasar global juga tidak terlalu baik,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Seperti pak Hen (Hendrayadi Lastiyoso) bilang kuenya stagnan, ya boleh dibilang tidak menggembirakan. Nah, sekarang ini kuenya sudah banyak pemainnya. Apakah ada pengaruh? Pasti ada!," lanjutnya.

2 dari 4 Halaman

Amelia menilai wajar setiap muncul produk baru akan mengundang rasa penasaran dan perhatian konsumen. Artinya ada godaan untuk membeli usai resmi dilaunching.

“Apalagi di tahap-tahap awal, orang akan mencoba dan merasakan, orang-orang yang styling seeker yang mau mencoba dan berani beli. Tetapi waktu yang akan menentukan apakah mereka akan tetap memilih dia (pemain lama atau tidak). Pasar yang nanti akan menentukan,” katanya.

3 dari 4 Halaman

Lantas dia mencotohkan salah satu crossover yang pernah berjaya dengan angka penjualan 2.500 unit per bulan. Namun seiring berjalannya waktu terjadi seleksi pasar di mana konsumen pada ahirnya sudah menjatuhkan pilihannya.

“Semua produk baru pasti awalnya ada pembeli. Seiring perjalanan waktu pasar seperti di dunia hewan, kayak hukum alam,” katanya.

4 dari 4 Halaman

Sementara itu secara retail sales Xpander Cross sendiri dikabarkan dalam sebulan terjual sekitar 1.500 unit.

“Jadi saya kira itu normal ya melihat pasar di medium SUV. Yang berjaya kan Terios, Rush sama BR-V. Semua juga mau coba kue manis ini, kayak crossovernya Xpander. Semua mau coba makan pasar ini, itu normal. Yang diuntungkan justru customer, karena customer punya banyak pilihan,”. tutupnya.

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami