Deretan Motor Matic yang Bebas Uji Emisi Kendaraan di Jakarta

Ada beberapa motor matic yang bisa tidak mengikuti uji emisi kendaran di Jakarta?

Selasa, 12 Januari 2021 11:15
Deretan Motor Matic yang Bebas Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Uji emisi kendaran di Jakarta (Liputan6.com)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Ratusan bahkan ribuan unit kendaraan bermotor di Jakarta dengan usia 3 tahun ke atas harus melakoni uji emisi sampai akhir Januari mendatang. Ini menyusul diberlakukannya Pergub No. 66 Tahun 2020 tentang uji emisi gas buang kendaraan bermotor.

Jika tidak patuh atau gagal lulus uji emisi, kendaraan bermotor yang bersangkutan akan dikenakan tarif tertinggi saat menggunakan fasilitas parkir Pemprov DKI Jakarta. Selain itu, ada juga ancaman denda sebesar Rp250 ribu untuk sepeda motor dan mobil sebesar Rp500 ribu.

 

1 dari 2 Halaman

Yamaha Aerox 155 Connected

Berdasarkan penelusuran redaksi Otosia (11/1), ada beberapa motor matic yang tidak perlu mengikuti uji emisi. Alasannya jelas, kendaraan-kendaraan tersebut usianya kurang dari 3 tahun.

Dari merek Yamaha ada all-new Yamaha NMax 155 Connected yang resmi dirilis tahun 2019 lalu. Selain itu, all-new Yamaha Aerox 155 Connected dan Yamaha Gear 125 juga bisa tidak mengikuti uji emisi lantaran baru meluncur pada 2020 kemarin.

2 dari 2 Halaman

Honda ADV 150

Sedangkan untuk produk Honda, Honda ADV 150 bisa lolos otomatis karena dirilis di 2019 silam. New Honda Scoopy dan New Honda BeAT dengan rangka eSAF juga baru saja beredar di Indonesia mulai 2020.

Para pemilik Suzuki Nex Crossover pun dapat mengabaikan uji emisi ini. Pasalnya, skuter matik (skutik) bergaya adventure itu dirilis pada 2020 lalu.

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami